Hallobogor.com, Cisarua – Kebiasaan sebagian masyarakat Puncak, Ciawi, Cisarua, dan Megamendung, Kabupaten Bogor, masih buruk dalam menjaga lingkungan. Warga masih membuang sampah secara sembarangan ke sungai.

Seperti dikutip Halloapakabar.com, kebiasaan membuang sampah ke sungai merupakan salah satu penyebab terjadinya banjir di Jakarta dan sekitarnya. Ini bisa dibuktikan, jika turun hujan, ribuan kubik sampah dari hulu sungai dan kali-kali yang ada di tiga kecamatan itu mengalir ke Jakarta.

“Harus ada penanganan yang tegas dan jelas terhadap keberadaan sampah di wilayah hulu. Karena, hingga saat ini masih banyak warga yang belum sadar dalam membuang sampahnya,” ujar Jatnika, pengamat lingkungan di Puncak.

Pantauan di beberapa lokasi, dalam waktu dekat ini, di Pasar Sukamanah, Kecamatan Megamendung, hingga kini belum memiliki bak penampungan sampah para pedagangnya. Untuk menampung sementara, sampah dari para pedagang pasar tersebut dionggokkan di halaman Puskesmas Sukamanah sehingga mengganggu pengunjung Puskesmas.

“Tidak baik, ada gundukan sampah di samping Puskesmas ini. Selain bau, juga bisa menimbulkan penyakit,” tutur Henny, salah seorang keluarga pasien.

Terkait hal ini, kades Sukamanah Ismail, berjanji akan secepatnya melakukan pengangkutan tumpukan sampah itu. “Kami akan membuatkan bak penampungan di pasar. Dan untuk sementara, sampah dari pasar itu ditampung dulu di halaman puskesmas, yang akan secepatnya diangkut,” ujar kades.(dang)