Hallobogor.com, Kuta, Bali – Raksasa teknologi asal Korea Selatan, Samsung, resmi merilis Galaxy Note 9, dalam acara yang digelar di New York, Kamis (9/8/2018) pagi.

“Smartphone dengan kecepatan, kekuatan dan performa yang mampu bertahan seharian, memiliki cukup memori dan kapasitas,” ujar President of Mobile Communication Business Samsung Electronics DJ Koh, dalam siaran langsung di channel YouTube Samsung, Kamis (9/8/2018) malam WITA.

Dalam presentasi produk, Senior Director of Product Marketing Samsung Electronics, Drew Blackard, menjelaskan bahwa Galaxy Note 9 mengusung layar 6,4 inci, yang merupakan layar paling lebar di perangkat Note saat ini.

Dengan desain body dynamic cutting technic, Galaxy Note 9 hadir dalam empat pilihan warna yaitu ocean blue, lavender purple, metallic copper dan midnight black.

“Kami mendesain Galaxy Note 9 sebagai ponsel yang selalu bersama Anda dengan baterai tahan seharian, sehingga Anda tidak perlu khawatir kalau GPS mati saat butuh-butuhnya atau meminjam charger teman,” kata Drew.

Galaxy Note 9 dipersenjatai baterai 4.000mAh. Smartphone ini juga dibekali memori 128GB. Samsung juga menghadirkan opsi memori 512GB. Tidak hanya itu, Galaxy Note 9 juga dilengkapi dengan slot eksternal untuk memperluas ruang penyimpanan.

Dari segi dapur pacu, Galaxy Note dibekali prosesor dengan proses pembuatan 10nm. Berbekal model chipset yang diklaim lebih cepat ini, Samsung tampaknya ingin mensasar para gamer.

Samsung bekerja sama dengan pengembang game Epic Games untuk menghadirkan game Fortnite terbaru.

“Fortnite akan hadir di Note 9 mulai hari ini. Tidak hanya itu, akan ada special skin Galaxy. Bersama dengan Samsung, kami ingin mentransformasikan mobile gaming ke era yang baru,” ujar CEO Epic Games Tim Sweeney, dalam kesempatan tersebut.

Untuk menunjang performa gaming, Galaxy Note dibekali prosesor grafis yang “super cepat” dan memiliki sistem pendingin advanced cooling system, serta dilengkapi speaker dari AKG.

Dari segi kamera, tanpa menyebut kekuatan sensor, Drew menjelaskan bahwa kamera Galaxy Note 9 memiliki bukaan f2.4 dan f1.5 dengan kecerdasan buatan.

“Galaxy Note 9 akan mendeteksi hasil foto yang kurang bagus, seperti mata yang terpejam, maka kamera akan langsung mengambil ulang foto,” kata Drew.

Selain itu, dengan kecerdasan buatan kamera Galaxy Note 9 juga dapat menyesuaikan suasana objek foto — dapat mengenali bunga atau makanan.

“Semua foto yang Anda ambil siap diunggah ke Instagram,” ujar Drew.

Tidak hanya itu, kamera Galaxy Note 9 bahkan dapat mengambil gambar tanpa harus menyentuh layar. Hal ini berkat teknologi terbaru yang disematkan pada S Pen, yang membuat stylus tersebut mampu bertindak layaknya remote control.

Menutup acara, tanpa menyebut harga, DJ Koh mengatakan bahwa Samsung Galaxy Note 9 akan tersedia mulai 24 Agustus. (ari)