PERTANYAAN :

Hallo, saya Tama dari Bogor Tengah. Saya mau tanya, faktor apa aja sih yang menyebabkan kita sebagai remaja kecanduan sama rokok. Karena saya sangat kecanduan dengan rokok, saya tau rokok itu berbahaya tapi saya nggak bisa berhenti ngerokok ,saya harus bagaimana ya? (Tama, Bogor Tengah)

JAWABAN : 
Hallo Tama! Di rokok terdapat zat nikotin yang sangat tinggi hingga menyebabkan ketergantungan. Nah, Nikotin mempengaruhi keseimbangan kimia pada otak, khususnya dopamine dan norepinephrine, cairan kimia otak yang mengendalikan rasa bahagia dan rileks. Ketika efek nikotin mulai bekerja, maka mood dan konsentrasi pun akan meningkat.

Namun, bahaya dari rokok lebih tinggi dibanding sensasi sesaatnya itu. Awalnya gantilah rokok dengan permen dan hindari bergaul dengan para perokok aktif, Saya yakin kamu pasti bisa berhenti merokok asalkan kamu niat dari dalam hati bahwa kamu harus menjadi remaja yang sehat. Semoga bermanfaat :)

Rubrik Konsultasi Remaja ini dikelola oleh Hallobogor.com bekerja sama dengan Duta-duta GenRe Kota Bogor, yaitu: Joddy Caprinata, Patricia Octalannia, Ilham Arie, Fitri Fauzia, Deo Putera, Retna Mustika, dan Hartadi Anggoro (dari Hallobogor.com).

Bagi remaja Bogor yang ingin berkonsultasi atau ingin menjadi model ilustrasi Konsultasi Remaja ini, silahkan kirimkan Pertanyaan atau hubungi via email : redaksi Hallobogor.com atau sms/wa : 081296677788 (ilustrasi gambar, diperankan oleh model)