Hallobogor.com, Bogor – Peringatan Hari Kemerdekaan Indonesia yang jatuh pada tanggal 17 Agustus merupakan suatu momentum tonggak sejarah bangsa Indonesia. 17 Agustus 1945 adalah waktu dimulainya kedaulatan oleh bangsa Indonesia.

Windi Wijayanti, Staf Sekretariat Bawaslu Kota Bogor Divisi Organisasi dan SDM mengatakan, Sebagai salah satu wujud penghormatan kepada jasa para pahlawan yang telah memerdekaan tanah air, meneruskan perjuangan para pahlawan telah menjadi hal yang harus dilakukan oleh generasi penerus di negeri ini.

“Seperti yang diharapkan oleh Presiden pertama Indonesia, Soekarno yang dikenal sebagai Tri Sakti Bung Karno, yakni, Berdaulat di Bidang Politik, Berdikari di Bidang ekonomi, dan Berkepribadian dalam kebudayaan”, ucap Windi kepada media, pada Minggu (18/8/2019).

Hari Kemerdekaan Indonesia yang ke-74 pada tahun 2019 mengusung tema “SDM UNGGUL, INDONESIA MAJU”. Tema ini sangatlah tepat dalam menghadapi tantangan Indonesia ke depan dalam era globalisasi ini. Tema tersebut, dapat diartikan bahwa kemajuan bangsa Indonesia ditentukan oleh kualitas Sumber Daya Manusia di Negeri ini.

“Seluruh rakyat Indonesia memiliki peran dalam memajukan Indonesia. Salah satu bentuk realisasi dari Tri Sakti Bung Karno yaitu Berdaulat di Bidang Politik bahwa kekuasaan tertinggi berada di tangan rakyat sesuai dengan UUD 1945 Pasal 1 ayat 2″, ujar Windi.

Hal ini diwujudkan dalam kontestasi pesta demokrasi yang disebut dengan PEMILU, dimana rakyat memilih secara langsung para Calon Pemimpin Negeri dan Wakil Rakyat. Untuk menjamin Pemilu berlangsung sesuai dengan asas LUBER (Langsung, Umum, Bebas, Rahasia) dan Jurdil (jujur dan adil), diperlukan pengawasan yang melekat terhadap Pelaksanaan Pemilu. Badan Pengawas Pemilu, sebagai lembaga formal yang bertugas untuk mengawasi pelaksanaan seluruh tahapan pemilu.

“Bertepatan pada bulan yang sama, Bawaslu Kabupaten/Kota se-Indonesia, memperingati hari jadinya yang ke-1 pada tanggal 15 Agustus 2019, termasuk dalam hal ini Bawaslu Kota Bogor. Dalam hari jadinya yang pertama tentunya Bawaslu Kota Bogor mengharapkan seluruh jajaran pemilu memiliki kualitas untuk menjamin pemilu dapat berjalan sesuai dengan asas LUBER dan JURDIL”, jelas Windi.

Sumber Daya Manusia (SDM) merupakan unsur yang sangat penting dalam suatu organisasi yang dalam hal ini adalah Bawaslu. Sebagai lembaga pengawas pemilu, tentunya kualitas SDM menjadi hal yang sangat diperhatikan oleh Bawaslu Kota Bogor, baik jajaran Pimpinan maupun Sekretariat. Hal ini dikarenakan kualitas SDM sangat menentukan bagaimana berlangsungnya kerja-kerja suatu organisasi.

“Salah satu indikator kualitas SDM pengawas pemillu yang sangat penting adalah integritas dari masing-masing indvidu. Karena integritas pengawas pemilu sangatlah menentukan kualitas dari pemilu”, ujarnya.

Seperti yang dikemukakan oleh Ketua Bawaslu RI dalam sambutannya pada Peringatan HUT RI ke-74 yang mengusung tema “Sumber Daya Manusia Bawaslu Unggul, Kunci Demokrasi Maju”, bahwa integritas menempati urutan pertama dari karakter sumber daya manusia Bawaslu yang unggul. Dari kalimat ini dapat disimpulkan bahwa integritas dan kejujuran adalah kunci kemajuan bangsa.

“Selain integritas yang mencerminkan kejujuran, kecerdasan berpikir menjadi landasan dalam menilai kualitas SDM. SDM pengawas pemilu harus memiliki kecerdasan berpikir dalam menghadapi segala macam situasi dan kondisi”, ujarnya.

Hal ini dapat dibangun dengan peningkatan kualitas, kapasitas dan kapabilitas bagi jajaran pengawas pemilu. Pelaksanaan Pemilu 2019 yang telah usai memberikan pelajaran yang sangat berharga, bahwa kualitas SDM pengawas pemilu sangatlah penting dalam melaksanakan pengawasan pemilu. Tentunya hal ini menjadi perhatian khusus dalam menghadapi pemilu 2024 mendatang.

Kendala dan hambatan yang dihadapi selama pelaksanaan pemilu 2019, diharapkan tidak menyurutkan semangat para pejuang demokrasi. Akan tetapi, hal ini dapat dijadikan tantangan untuk lebih meningkatkan kemampuan serta meningkatkan semangat gotong royong dalam melaksanakan tugas.

“Pada HUT Kemerdekaan Republik Indonesia ke-74 dan HUT Bawaslu Kota Bogor yang pertama, Bawaslu Kota Bogor akan terus meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia untuk mewujudkan Pemilu mendatang yang berkualitas dan berintegritas”, pungkasnya. (bny)