Hallobogor.com, Bogor – Memberikan ilmu pengetahuan dan pembelajaran kepada siswa tak hanya berbentuk kegiatan belajar mengajar di sekolah seperti biasa. Hari Raya Idul Kurban bisa menjadi salah satu media edukasi bagi siswa agar bisa mengambil nilai-nilai positif.

Hal ini seperti yang dilakukan keluarga besar Sekolah Dasar Negeri (SDN) Cicadas 01, Gunung Putri, Kabupaten Bogor. Pada Hari Raya Idul Kurban tahun ini, SDN Cicadas 01 menyerahkan lima ekor domba kurban kepada pengurus masjid dan mushola sekitar sekolah.

Simbolisasi serah terima hewan kurban ini dilakukan oleh Kepala SDN Cicadas 01 M.Toha kepada Ketua DKM Masjid Baeturrohmah Cicadas Ust. As’ari, Senin (21/8/2018).

Siswa-siswi yang ikut menyaksikan penyerahan hewan kurban tersebut pun nampak gembira.

Kepala SDN Cicadas 01, M. Toha, mengatakan, guna merealisasikan perintah Allah SWT dan sunah Nabi Ibrahim AS ini, dewan guru, dewan kelas, serta pengurus komite sekolah bahu membahu mengumpulkan dana.

Menurutnya, kegiatan penyerahan hewan kurban ini menjadi edukasi sejak dini bagi anak didik. “Terlebih jika dilakukan di sekolah, kegiatan seperti ini akan jadi edukasi sejak dini kepada para siswa. Harapan inilah yang menguatkan sekolah untuk melaksanakan kurban di tahun ini,” ujarnya.

Dirinya juga menyatakan rasa bangga dan senang atas terlaksananya kegiatan kurban yang dilaksanakan SDN Cicadas 01 tahun ini. “Saya sampaikan terima kasih kepada semuanya, guru-guru, komite sekolah, dewan kelas, yang telah bekerjasama mendukung terlaksananya kegiatan kurban di tahun ini. Semoga yang dilakukan ini bisa menjadi manfaat buat sekolah dan jadi edukasi buat siswa-siswi pada masa mendatang. Cukup Allah SWT saja yang akan menilai semua yang sudah kita lakukan,” ungkapnya.

Ust. As’ari selaku tokoh agama sekaligus Ketua DKM Masjid Baeturrohmah Cicadas, juga menyampaikan terimakasihnya kepada pihak sekolah yang telah memberikan hewan kurbannya tahun ini. “Demi untuk kemakmuran masjid, semoga Allah SWT membalas kebaikan semuanya dan SDN Cicadas 01 semakin jaya. Jika ingin menyaksikan pemotongannya akan dilaksanakan di Masjid Baeturrohmah Cicadas besok setelah Sholat Idul Adha,” katanya.

Sementara itu, Listy salah seorang wali murid yang tergabung dalam dewan kelas, ikut menyampaikan ucapan terimakasihnya kepada sekolah yang telah memasilitasi kegiatan ini sehingga tahun ini sekolah bisa berkurban. “Buat para siswa kegiatan ini jadi pembelajaran yang baik untuk menguatkan nilai-nilai agama, pembentukan siswa agar berakhlakul karimah, maupun kehidupan sosial agar ikhlas dan saling bantu membantu,” imbuhnya. (cep)