Hallobogor.com, Bogor – Sekretaris Daerah Kota (Sekdakot) Bogor Ade Sarip Hidayat kembali dipilih menjadi Ketua Desk Pilkada Kota Bogor. Ia ditetapkan dalam Rapat Koordinasi Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur (Pilgub) Jawa Barat serta Wali Kota dan Wakil Wali Kota Bogor (Pilwakot) di Hotel Pangrango 2, Kota Bogor, Rabu (27/12/2017).

Dalam kesempatan tersebut, Ade Sarip Hidayat meminta agar seluruh pihak memahami dan melaksanakan berbagai regulasi Pilkada, baik Permendagri, Peraturan Komisi Pemilihan Umum (KPU), maupun UU Pilkada.

“Karena ketika ada masalah tetap porosnya dikembalikan kepada ketentuan atau regulasi. Jangan karena kepentingan pribadi lalu semaunya, tetapi harus berpulang kepada ketentuan yang sudah ada,” ujar Ade.

Khusus kepada Camat dan Lurah se-Kota Bogor, Ade juga meminta agar menyampaikan kembali kepada para stafnya agar bersikap netral dalam Pilkada. Netral dalam arti tidak membantu demi kepentingan pribadi dan paslon sehingga merugikan negara. 

“Semua aset negara tidak boleh digunakan untuk kepentingan membantu kampanye dan lain sebagainya,” tegasnya.

Sementara Ketua KPU Kota Bogor Undang Supriatna mengaku bersyukur dengan telah terbentuknya desk Pilkada. “Berarti sudah bisa berkoordinasi dalam penyelenggaraan pemilihan kepala daerah ini. Kita ingin membangun persepsi yang sama antara KPU dengan stakeholder karena desk Pilkada ini mencakup dari berbagai unsur, dari kepolisian, Kodim, Kejaksaan, dan dari berbagai institusi terkait. Sehingga dengan adanya desk Pilkada ini bisa memudahkan komunikasi dan koordinasi,” ungkapnya.

Di samping itu, lanjut Undang, koordinasi juga diperlukan dalam pemutakhiran data juga pada saat pelaksanaan pemungutan suara. “Karena mau tidak mau penyelenggaraan bersamaan sehingg berbagi peran antara provinsi dengan kabupaten/kota,” imbuhnya. (dns)