Hallobogor.com, Bogor – Lomba Sekolah Sehat (LSS) Tingkat Kota Bogor 2018 telah menghasilkan juara dari berbagai jenjang pendidikan, dari Taman Kanak-kanak (TK), Sekolah Dasar (SD), hingga Sekolah Menengah Pertama (SMP).

Sembilan sekolah yang berhasil menjadi juara itu pun mendapatkan apresiasi berupa piala dan uang pembinaan langsung dari Ketua Tim Pembina UKS Kota Bogor Ade Sarip Hidayat di Kantor Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Bogor, Kamis (9/8/2018).

Ade mengatakan, dalam mewujudkan sekolah sehat bukanlah hal yang mudah. Pasalnya, wujud dari sekolah sehat erat kaitannya dengan Trias UKS, yakni melaksanakan pendidikan kesehatan, memberikan layanan kesehatan, dan menjaga lingkungan sekolah tetap sehat.

“Saya ucapkan selamat untuk sembilan sekolah yang sudah melakukan upaya sekolah sehat dan mendapat juara. Ini sesuai dengan misi Kota Bogor yang terus berbenah menuju Kota Sehat,” ujarnya.

Sementara Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Kota Bogor, Fachrudin mengatakan, penilaian pada LSS tingkat kota ini merujuk pada standar kualitas di tingkat provinsi. Ia memberi contoh terkait penilaian ruang UKS yang harus memiliki kualitas, fasilitas, sarana prasarana sesuai standar tingkat provinsi. Sebab para juara satu dalam LSS tingkat Kota Bogor ini akan didorong maju untuk bertanding di tingkat provinsi.

“Tapi ini bukan sekadar lomba, lebih dari itu tujuannya menjadikan anak-anak Indonesia jadi generasi sehat dan cerdas jika anak-anak paham tentang hidup sehat, pelayanan sehatnya dan sekolahnya sehat,” jelasnya.

Dalam LSS kategori TK dimenangkan oleh TK Bogor Raya. Kepala TK Bogor Raya Maria Regina mengatakan, di tempatnya memiliki ruangan UKS yang difasilitasi dua tempat tidur yang dibedakan antara laki-laki dan perempuan, obat-obatan sesuai standar dan kulkas kecil untuk menyimpan obat. “Siswa-siswa kami sudah dimasukan konten pelajaran di setiap jamnya agak berbeda dengan sekolah lain, kami menyebutnya health life style. Kami sedang melakukan persiapan untuk nanti ke tingkat provinsi terutama di kegiatan anak-anak untuk mendukung sekolah sehat. Penghargaan ini makin memotivasi kami untuk memberikan pelayanan yang lebih baik lagi,” jelasnya.

UKS di Sekolah Bogor Raya ini ada sejak sekolah ini berdiri dan semuanya terintegrasi; play grup, TK, SD, SMP dan SMA. (dns)