Hallobogor.com, Cibinong – Kepolisian Republik Indonesia (Polri) dikabarkan akan memberlakukan aturan baru penggolongan Surat Izin Mengemudi (SIM) C. Aturan baru ini rencananya akan diberlakukan mulai 1 Mei 2016.

Kasat Lantas Polres Bogor, AKP Bramastyo Priaji, menjelaskan, hingga saat ini pihaknya belum mendapatkan perintah atau surat dari Polri terkait pemberlakuan baru tersebut.

“Maka saya tidak bisa berbicara banyak. Kami tidak bisa memberikan keterangan soal SIM C itu bagaimana untuk di Bumi Tegar Beriman bila hanya mendengar kabar saja,” kata Bramastyo.

Bramastyo menambahkan, bila keputusan penggolongan SIM itu secara resmi dikeluarkan Polri maka semua jajaran ke Polisian di Indonesia akan ikut aturan itu.

“Intinya sampai saat ini kami belum dapat perintah resmi maka SIM C yang sekarang masih berlaku,” tegasnya.

Sekedar informasi, dalam aturan baru SIM C akan dikelompokan menjadi tiga golongan, yakni SIM C (polos), SIM C1, dan SIM C2. Tiga Golongan SIM C itu diklasifikasikan berdasarkan kapasitas mesin motor (CC).

SIM C untuk sepeda motor berkapasitas mesin kurang dari 250 CC. SIM C1 untuk sepeda motor berkapasitas 250-500 CC.
SIM C2 untuk sepeda motor berkapasitas mesin 500 CC ke atas.
Sementara itu, kabar tersebut membuat warga Harapanjaya, Kecamatan Cibinong, Kabupaten Bogor, Irwan (32), mengatakan, dirinya jelas keberatan bila program itu diberlakukan kususnya di wilayah Bumi Tegar Beriman.

“Membuat SIM saat ini saja prosesnya tidak mudah apa lagi ditambah penggolongan, makin mumet saja kami,” keluhnya.(wan)