Hallobogor.com, Bogor – Praktik Kerja Industri (Prakerin) merupakan bagian dari program pembelajaran yang harus dilaksanakan oleh setiap peserta didik. Sebagai wujud nyata dari pelaksanaan sistem pendidikan di Sekolah Menengah Kejurusan (SMK) yaitu pendidikan sistem ganda.

Program Prakerin disusun bersama antara sekolah dan dunia kerja dalam rangka memenuhi kebutuhan peserta didik dan sebagai kontribusi dunia kerja terhadap pengembangan program pendidikan sekolah menengah kejurusan.

SMK FAJAR UTAMA yang merupakan Sekolah Teknologi Informatika yang akan menghasilkan lulusan yang berkualitas, sekolah yang terdiri dari 3 jurusan utama yakni, Rekayasa Perangkat Lunak (RPL), Multimedia (MM) , Teknologi Komputer dan Jaringan (TKJ).

Peserta prakerin diajukan ke beberapa perusahaan dan Universitas di daerah Jakarta, bogor dan bandung, salah satunya di Hallobogor.com.

Enam orang peserta adalah Rhia Hantyka, Resna Febri Hermina, Rizal Ariansyah, Sahrul Fahrurozi, Muhammad Fahrezi Munajat dan Chivas Gias Cabaret, dari SMK FAJAR UTAMA yang melakukan prakerin di media online ini terdiri dari 5 orang berasal dari jurusan Multimedia dan 1 orang dari jurusan Teknologi Komputer Jaringan.

“Prakerin di Hallobogor.com merupakan suatu pengalaman berharga bagi saya ,karena di sini saya melakukan pekerjaan yang sesuai dengan jurusan , karena seringkali peserta prakerin tidak cocok dengan tempat kerjanya atau dipekerjakan berbeda dengan jurusannya,” ujar Fahrezi salah satu siswa jurusan Multimedia.

Walaupun Hallobogor.com sendiri merupakan perusahan yang menjurus ke dunia komunikasi, masih membutuhkan orang teknisi untuk jaringan dan perangkat keras maka dari itu diajukanlah anak TKJ untuk membantu pekerjaan di perusahaan yang merupakan bagian dari grup Hallo Media Network ini.

“Kami sering membantu mengedit, membuat berita, liputan, upload berita dan membuat desain yang memang sesuai dengan jurusan yang kami ambil,” tandas Resna, peserta prakerin jurusan Multimedia. (ria)