Hallobogor.com, Ciawi – Setelah sehari sebelumnya Kepala SMPN 2 Ciawi dan Ketua Komite Sekolah dikonfrontir Dinas Pendidikan dan Komisi IV DPRD Kabupaten Bogor, SMPN 2 Ciawi kini digeruduk tim Saber Pungli Polres Bogor, Kamis (24/8/2017). 

Kedatangan tim Saber Pungli Polres Bogor ini guna menginvestigasi lebih lanjut dugaan pungutan liar (pungli) di sekolah negeri yang berbatasan dengan Kota Bogor itu. Selain itu, Saber Pungli juga datang terkait adanya kabar segelintir oknum wartawan yang ingin memanfaatkan situasi dengan mengambil keuntungan berbentuk uang dalam kasus tersebut.

Kehadiran tim Saber Pungli Polres Bogor ini diterima Kepala SMPN 2 Ciawi Tati Widiya di ruangannya. Hadir pula dalam pertemuan tersebut puluhan awak media dan Ketua Komite Sekolah SMPN 2 Ciawi H. Duduy Dumyati.

Dalam kesempatan itu, Ketua Komite Sekolah SMPN 2 Ciawi H. Duduy Dumyati berkilah bahwa permintaan sumbangan kepada ribuan orangtua siswa sudah disepakati bersama. “Kami sudah menyebar undangan rapat kepada seluruh orangtua siswa. Memang kami tidak menanggapi orangtua siswa yang merasa keberatan di dalam rapat pada waktu itu. Kami hanya mempersilakan atau mengarahkan bagi orangtua yang merasa keberatan untuk berbicara ke pihak sekolah,” ungkapnya.

Sementara itu, Ketua Tim Saber Pungli Polres Bogor, Kompol Dudi Aminudin Syah, mengatakan, Bupati dan pihak sekolah seharusnya menggencarkan sosialisasi tentang program UNBK dan sejenisnya agar tidak terjadi misskomunikasi. “Kalau kami melihat yang terjadi di SMPN 2 Ciawi ini adalah sumbangan, jadi belum masuk kategori pungli karena belum terjadi pungutan,” ujarnya. (cep/wan)