Hallobogor.com, Megmendung – Sebanyak 180 anak yatim dari setiap desa di Kecamatan Megamendung, Kabupaten Bogor mendapat santunan dari pengurus PNPM, Selasa (28/2/2018).

Acara santunan itu sudah menjadin agenda rutin PNPM Megamendung, yang merupakan pengurus PNPM terbaik se-Jawa Barat. Dana untuk santunan, merupakan dana yang disisihkan oleh PNPM, dengan persentase 50 persen dari surplus yang didapatkannya pada setiap tahun.

Ketua umum PNPM Kecamatan Megamendung, Ismail, PNPM yang dikelolalanya setiap tahunnya terus mengalami kemajuan. “Surplus yang didapatkan tahun ini mencapai Rp140 juta. Dan dari nilai itu, 50 persen kita pergunakan untuk kegiatan sosial. Salah satunya, santunan anak yatim ini,” kata┬áKepala Desa Sukamanah ini.

Sejak PNPM diurusnya tahun 2009, hingga saat ini sudah memliki aset senilai Rp3,8 miliar. “Alhamdulillah, berkat kedisiplinan tim dan juga kerja sama yang baik, sejak saat ini aset kita senilai Rp3,8 miliar. Dan, dalam waktu dekat, kami akan mengembangkan usaha PNPM melalui sektor pariwisata. Kami akan membeli satu unit mobil travel yang akan dikelola oleh PNPM ini,” imbuhnya.

Hingga saat ini di PNPM tersebut juga sudah memiliki 2.000 nasabah. Tertariknya warga Megamendung bekerjasama dengan PNPM dalam memperkuat permodalannya karena bunga pinjaman berupa jasa sangat rendah, yakni hanya 1,7 persen, lebih tinggi dari BRI yang mencapai 2,5 persen.

“Bunga atau jasa yang diterapkan PNPM hanya 1,7 persen. Kami lebih rendah dibandingkan dengan BRI yang mencapai 2,5 persen,” pungkasnya. (dang)