Hallobogor.com, Caringin – Di tengah kegalauan penyerapan anggaran yang dirasakan hampir setiap Pemerintah Desa (Pemdes) di Kabupaten Bogor, Pemdes Pancawati, Kecamatan Caringin, Kabupaten Bogor justru mampu menyerap anggaran secara optimal dan pengalokasian anggaran sesuai kebutuhan masyarakat.

“Pembangunan sesuai sasaran dan kebutuhan masyarakat. Saat ini tahapan realisasi pembangunan sudah mencapai 95 persen. Ada yang sudah rampung dan sebagian kecil masih dikerjakan,” ungkap Kepala Desa Pancawati, H. Iqbal Jayadi, Kamis (27/8).

H. Iqbal Jayadi memaparkan, jenis pembangunan yang dilaksanakan sebagian besar untuk pembangunan infrastruktur. Di antaranya pembangunan jembatan, betonisasi jalan lingkungan, dan MCK.



Di Rukun Warga (RW) 01 Kampung Leuweung Larangan, pembangunan difokuskan pada betonisasi jalan lingkungan sepanjang 500 meter lebih. “Targetnya memang 500 meter tapi karena tingkat swadaya dan partisipasi masyarakat tinggi jadi betonisasi mampu melebihi target. Masyarakat selalu turun tangan bergotong-royong,” katanya.

Sedangkan di RW 02 masih di kampung yang sama, Pemdes membangun sarana Mandi Cuci dan Kakus (MCK) di tiga titik.

“Di Kampung Leuweung Larangan juga dibangun jembatan yang sangat vital menyambungkan akses antara Pancawati-Cileungsi,” katanya.

Pembangunan MCK juga dilaksanakan di RW 05 serta jembatan di RW 03.
“Semua pembangunan dilaksanakan sesuai dengan permintaan atau kebutuhan masyarakat hasil musyawarah.

Sedangkan sumber anggarannya semua berasal dari Dana Desa dan Alokasi Dana Desa,” jelas dia.

H. Iqbal Jayadi juga mengapresiasi tingkat partisipasi masyarakat yang cukup tinggi, baik berupa tenaga, material, dan keahlian.

Bahkan sebagian pekerjaan memberdayakan warga yang menguasai keahlian sehingga kualitas pekerjaan sangat berkualitas. “Jadi tidak mengandalkan bantuan dari pemerintah,” tukasnya.

Terkait keraguan sejumlah kades dalam penyerapan anggaran, H. Iqbal Jayadi mengaku sempat kuatir.

“Apalagi saya kan baru. Tapi karena punya itikad baik melayani masyarakat dan sering konsultasi, saya justeru tak kuatir lagi,” imbuhnya.(cep)