Hallobogor.com, Bogor – Semakin banyak produk-produk kecantikan alias kosmetik, baik produk lokal maupun impor, dipasarkan melalui situs-situs belanja “online” maupun media sosial.

Banyak dari pedagang melalui daring tersebut berlomba-lomba menawarkan kosmetik bermerek alias segmen kalangan menengah ke atas dengan harga yang miring.

Akan tetapi, banyak juga dari oknum pedagang yang menjual produk kosmetik palsu atau tidak sesuai dengan yang ditawarkan. Tak sedikit kasus pembeli melalui situs belanja merasa tertipu.

Agar tidak tertipu dalam membeli kosmetik secara “online”, seorang pedagang kosmetik Rina Karmila memberikan tips sebagai berikut :

1. Melihat reputasi pedagang

Rina mengatakan, di sejumlah situs belanja online menyediakan fitur informasi reputasi pedagang dengan jumlah bintang dan testimoni pembeli tentang produk yang dijual pedagang tersebut.

“Semakin banyak yang memberi bintang lima atau nilai maksimal dan banyak yang memberikan testimoni positif, maka pedagang tersebut direkomendasikan untuk menjadi pilihan berbelanja,” kata Rina.

Untuk pedagang yang berjualan di media sosial, menurut Rina, ada beberapa langkah untuk mengetahui reputasinya, antara lain dengan melihat seberapa banyak pengikutnya dan keaktifan pedagang di media sosial tersebut.

“Semakin banyak pengikut dan semakin banyak pedagang mengunggah penawaran produknya di media sosial, semakin terpercayalah pedagang tersebut” kaya Rina.

2. Perbanyak referensi dari situs resmi maupun YouTube

Sebelum berbelanja secara “online”, kata Rina, calon pembeli perlu mencari referensi sebanyak-banyaknya, baik di situs resmi produk yang akan dia beli maupun situs YouTube.

“Kenali dahulu karakter pada produk yang asli seperti apa agar tidak tertipu dengan produk palsu saat berbelanja,” kata wanita yang dahulu merupakan pengguna produk kosmetik yang dibeli secara “online”.

Selain itu, lanjut Rina, pada beberapa produk kosmetik terkenal buatan luar negeri memeliliki karakteristik sering berganti kemasan agar tidak mudah dipalsukan.

“Wawasan soal itu harus kita miliki dengan mencari tahu melalui situs resmi produk kosmetik tersebut,” kata Rina yang telah berdagang kosmetik secara “online” sejak 2014.

3. Jangan sungkan untuk bertanya sebelum membeli

Menurut Rina, banyak kasus pembeli tertipu karena malu bertanya kepada pedagang.

“Malu bertanya, tertipu kemudian. Itu sangat berlaku dalam berbelanja kosmetik secara ‘online’,” kata dia.

Rina mengatakan, jangan lupa tanyakan soal garansinya. “Kalau ada, itu akan lebih baik,” kata dia.

Sementara itu, seorang konsumen kosmetik yang sering berbelanja secara “online”, Citra Wulansari menambahkan tips, yaitu sebaiknya situs belanja online lebih menjadi pilihan dibandingkan media sosial.

“Situs belanja ‘online’ biasanya melindungi konsumen dari potensi penipuan, salah satunya melalui layanan rekening bersama,” kata dia.

Kalau barang yang diterima ternyata palsu atau tidak sesuai dengan penawaran, lanjut Citra, barang bisa dikembalikan ke pedagang dan uang bisa kembali ke pembeli. Demikian, seperti dikutip Indonesiaraya.co.id. (apd)