Hallobogor.com, Kota Bogor – Warga di Kampung Rajawati, RT01/08, Kelurahan Mekarwangi, Kecamatan Tanah Sareal, Kota Bogor, dihebohkan tumbuhnya bunga raksasa mirip bunga bangkai (Amorphophallus) yang ada di Kebun Raya Bogor.

Bunga yang tumbuh di pekarangan rumah warga setempat, Abdullah, memiliki kelopak bunga berukuran besar dengan warna memukau. Tentunya, sejak diketahui adanya bunga tersebut mulai menarik perhatian warga.

Menurut Abdullah, dirinya merasa kaget mendapati tanaman ini tumbuh dengan bunga berukuran raksasa. Padahal, awalnya ia hanya iseng menanam bibit suweg yang dibawanya dari kampung halaman sepuluh tahun silam.

“Sepuluh hari lalu jadi kuncup bunga, dan saya belum tahu itu akan menjadi bunga bangkai. Sebab, saya hanya menanam suweg,” ujarnya, Rabu (1/2/2017).

Dia menceritakan, setelah sepuluh hari kuncup, dua hari kemudian bunga bangkai mekar. Karena adanya tanaman yang masuk dalam suku talas-talasan (Araceae) endemik dari Sumatera, itu juga sekarang ini rumahnya ramai dikunjungi warga karena penasaran.

“Kemarin orang dari kelurahan pun datang ke sini lihat dan nanya kenapa bisa tumbuh bunga bangkai,” tuturnya.

Abdullah mengaku tak tahu harus berbuat apa atas bunga bangkai tumbuh di sekitar rumahnya. Namun, ia menandaskan, akan tetap menjaga dan merawatnya sampai besar dan mati.

Warga umumnya mengungkapkan berdecak kagum sekaligus merasa aneh setelah melihat fenomena langka itu. “Aneh sekali. Apa gara-gara musim hujan, jadi bunga bangkai ini bisa tumbuh. Bunga bangkai ini memang baunya sedikit menyengat,” ujar seorang warga. (ris)