Hallobogor.com, Bogor – Ada yang berbeda saat menunaikan ibadah salat Jum’at di Masjid At-Taqwa di komplek Balaikota Bogor, hari ini, Jumat (12/08/2016). Kapolsek Bogor Tengah Kompol Syaifuddin Gayo menjadi penceramah.

Dihadapan ratusan jamaah Gayo saapan akrabnya menyampaikan program unggul Polres Bogor Kota berupa tausyiah Kamtibmas. Materi kali ini, tentang ancaman kenakalan remaja dan kecelakaan lalu lintas. Nampak para jamaah menyimak dengan seksama penjelasan dari mantan Kapolsek Dramaga itu.

“Ini sudah menjadi agenda rutin setiap hari Jumat, saya keliling ke mesjid-mesjid di wilayah Bogor Tengah untuk menyampaikan informasi terkini tentang Kamtibmas,” tutur Gayo saat ditemui usai salat jum’at, seperti dikutip Halloapakabar.com.

Informasi terkini itu, ujar Gayo, mulai dari kenakalan remaja yang harus menjadi perhatian bersama baik itu kepolisian maupun masyarakat. Masa kata ia, ada remaja yang membawa senjata tajam, sementara orang tuanya sendiri kurang mengawasi, tidak mengetahui kemana aktivitas anaknya.

Kemudian yang membuat miris, beberapa waktu lalu kepolisian menangkap pengedar narkoba jenis sabu dengan jumlah barang bukti terbilang cukup banyak. Dari keterangan tersangka ternyata barang haram tersebut dipasarkan ke kalangan remaja. “Hal-hal inilah yang harus kita waspadai,” ucap Gayo.

Gayo mengungkapkan, dalam sosialisasi program unggul Polres Bogor Kota ini pihaknya tidak hanya memilih tempat-tempat ibadah, akan tetapi ke sekolah termasuk ke komunitas motor. Materinya pun berbeda-beda berdasarkan tingkat kerawanan wilayah di masing-masing.

Misalnya, ia mencontohkan Kelurahan Tegal Lega, Kecamatan Bogor Tengah, masuk dalam wilayah rawan pencurian kendaraan bermotor (curanmor). Untuk itu, pihaknya menekankan agar para pemilik kendaraan tidak memarkir sembarangan dan selalu menjaga keamanan kendaraan dengan mengunci kendaraan.

Pada wilayah-wilayah yang rawan kecelakaan lalu lintas. Pihaknya menghimbau agar selalu berhati-hati saat berkendaraan di wilayah tersebut. “Bayangkan saja setiap bulan, 30 ribu motor dan 9 ribu mobil keluar dari showroom dan itu akan memenuhi jalan,” tandas pria dengan satu melati dipundaknya itu. (hrs).