Hallobogor.com, Bogor – Pemerintah Desa Cileungsi, Kecamatan Ciawi, Kabupaten Bogor, telah menerima Dana Desa (DD) dan Alokasi Dana Desa (ADD) tahap dua tahun 2016 ini. Masyarakat antusias dan siap melaksanakan pembangunan lantaran besaran dana, alokasi, hingga teknis pelaksanaan digelar secara transparan.

Sebelum menerapkannya sesuai perencanaan, Pemdes mengumpulkan puluhan Ketua Rukun Tetangga (RT), Rukun Warga (RW), Kepala Dusun, tokoh masyarakat, BPD, maupun kader PKK dan Posyandu.

Mereka melakukan rapat koordinasi sekaligus mematangkan pengalokasian pembangunan.



“Yang hadir dalam rapat koordinasi ini 30 Ketua RT, 5 Ketua RW, tokoh masyarakat, Kadus, BPD, dan para kader,” kata Sekretaris Desa Cileungsi, Andi Rustandi.

Bahkan, dalam rapat koordinasi tersebut juga diisi dengan pemberian apresiasi bagi para pengurus RT dan RW berprestasi. Hal ini, kata Andi, sebagai bentuk penghargaan atas kinerja pengurus masyarakat dan untuk memotivasi agar ke depan lebih baik demi kemajuan Cileungsi.

“Berdasarkan beberapa kriteria yang telah ditetapkan oleh pihak Pemdes, Ketua RW 03 Latiep Sugandi tahun ini mendapatkan penghargaan sebagai Ketua RW teladan dan Udin Sugandi Ketua RT 03 teladan,” katanya.

Lebih lanjut dijelaskan, DD tahap dua ini dialokasilan pada tiga titik. Dua titik untuk pembangunan jalan dan satu titik pembangunan tembok penahan tebing (TPT).

Sementara itu, Kasi Pemerintahan Kecamatan Ciawi Heri Risnandar, menyambut baik upaya yang dilakukan Pemdes Cileungsi. “Memberikan informasi kepada warga secara terbuka, khususnya terkait anggaran atau dana bantuan dari pemerintah, merupakan perintah dari Undang-Undang. Dan memang harus dipublikasi dalam rangka tranparansi biar terbuka akses informasi biar warga tahu alur perencanaaan yang harus diajukan untuk pembangunan di wilayahnya,” ungkapnya. (wan)