Hallobogor.com, Bogor – Wakil Walikota Bogor, Usmar Hariman mengatakan, beberapa infrastruktur yang akan dibangun pada tahun anggaran 2016 yakni Masjid Agung dengan total biaya 56 miliar. Tahap pertama provinsi sudah mengucurkan dana sebesar 30 miliar, sedangkan sisanya jika tidak dari bantuan provinsi maka Pemkot Bogor akan menganggarkan di 2017.

Seperti dikutip Halloapakabar.com, infrastruktur lain yang akan di bangun adalah gedung dewan dengan total biaya mencapai 72 miliar. Namun, lanjut Usmar, sesuai dengan Detail Engineering Design (DED) hanya 48 M saja melalui mekanisme tender.

Usmar mengatakan, Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Bogor tak ketinggalan menjadi prioritas. Pada tahap awal dianggarkan dana dari Pemkot 32 miliar dan dari Provinsi 35 miliar sehingga totalnya mencapai 67 miliar. Meski begitu yang akan diserap sekitar 57 miliar, sementara sisanya digunakan untuk pembelian peralatan kesehatan.

“RSUD Kota Bogor itu perlu ruang operasi, ICU dan ruangan bayi khusus pernapasan dan harus dibangun tahun ini juga karena terkait dengan pelayanan kesehatan,” kata Usmar dalam rapat tahun anggaran 2016 yang digelar di ruang rapat 3 Balaikota Bogor, Jumat (12/02/2016).

Pada kesempatan ini Usmar menegaskan tentang semangat dalam percepatan pembangunan infrastruktur. Apalagi kata ia, persiapan sudah dilakukan sejak menerima hasil evaluasi Gubernur terkait APBD 2016.

Implementasi dalam pelaksanaan APBD tahun ini adalah efisiensi anggaran dengan menggunakan anggaran yang sudah direncanakan secara tepat sasaran. Tentunya, harus didukung dengan keseluruhan sistem yang harus diterapkan seperti regulasi, teknologi dan sistem lainnya. “Semata-mata untuk mencapai output optimal dan manfaatnya dapat dirasakan masyarakat,” tandas Usmar. (hrs).