Hallobogor.com, Bogor – Kota Bogor dikenal sebagai daerah dengan curah hujan tinggi, itulah sebab Kota Bogor mendapat julukan Kota Hujan. Untuk anda yang tinggal di kota bogor tentu tidak akan merasa heran dan sudah tahu apa yang harus dilalukan saat hujan turun. Tapi bukan berarti anda tidak akan terserang penyakit, terutama saat musim penghujan. Karena itu, Hallobogor.com, akan memberikan tips menghindari sakit saat musim hujan tiba.

1. Siapkan Peralatan Anti Hujan

Cara yang paling efektif untuk tidak sakit selama musim hujan adalah dengan memakai perlengkapan hujan. Komponen utama dari perlengkapan hujan adalah payung, mantel hujan atau jaket bertudung, dan sepatu waterproof. Jika Anda memiliki satu set lengkap aksesoris hujan tersebut, kemungkinan untuk terserang sakit benar-benar berkurang. Memang merepotkan, tapi repot adalah harga yang pantas untuk kesehatan diri. Bukankah ada pepatah “Sedia payung sebelum hujan”.

2. Memilih Tempat Berteduh

Hujan cenderung mengejutkan orang, terutama mereka yang tidak siap. Setiap orang akan lari ke area tertutup yang terdekat untuk berlindung, padahal berada diluar ruangan saat hujan lebih menyehatkan karena biasanya dalam ruangan tertutup virus akan lebih mudah menyebar,baik dari orang yang berada diruangan bersama atau virus dari luar. Tapi, jika anda punya obat-obatan lengkap bersama anda, maka berjalanlah dalam hujan dengan penuh keyakinan.

3. Mengkonsumsi Buah Yang Mengandung Vitamin C

Salah satu cara mencegah penyakit saat musim hujan adalah mengkonsumsi vitamin C. Konon katanya, menurut para ahli, vitamin C dapat membuat tubuh kebal terhadap penyakit. Vitamin C bisa anda dapatkan dari buah buahan, seperti jeruk, tomat, dan masih banyak lagi. Buah yang mengandung vitamin C pastilah kaya akan antioksidan yang membantu mengusir penyakit dalam tubuh.

4. Segera Mandi Setelah Kehujanan

Terkesan sepele, tapi sebenarnya hal ini sangat berguna. Jika anda membiarkan begitu saja badan yang basah karena air hujan, maka kuman-kuman penyebab penyakit akan mudah datang. Oleh karena itu, stabilkan suhu anda agar kuman yang terbawa oleh hujan tak akan menyebabkan anda sakit. Dan mandi adalah langkah pertama yang harus anda ambil.

5. Mengkonsumsi Makanan/Minuman Panas

Pencegahan penyakit saat hujan tiba bisa anda lakukan dengan cara mengkonsumsi makanan atau minuman panas. Sup adalah pilihan terbaik karena akan membuat badan hangat sehingga suhu tubuh tetap stabil walaupun hujan datang mengguyur menyebabkan anda kedinginan. Jadi, rutinlah konsumsi sup panas saat musim hujan agar tubuh anda terbebas dari penyakit.

Diolah dari berbagai sumber.