Hallobogor.com, Bogor – Mudik merupakan tradisi lebaran bagi sebagian warga di Indonesia. Jika mudik menggunakan mobil, ada beberapa persiapan yang harus diperhatikan agar tiba di lokasi tujuan dengan selamat. Berikut tips mudik ala komunitas BMW Car Club Indonesia (BCCI).

Ketua BCCI Chapter Bogor, Rasman Setiawan memaparkan, mudik dengan menggunakan mobil ada baiknya dan diharuskan untuk mengecek kelayakan dari kendaraan itu sendiri dua atau tiga minggu sebelum pemberangkatan. Seperti, mengecek kondisi mesin, kanvas rem, ban, lampu dan oli, termasuk kelengkapan P3K.

“Bila kondisi sudah layak, sudah dipastikan mobil bisa digunakan untuk perjalan jauh. Intinya keselamatan itu bukan cuma untuk pengemudi tetapi penumpang dan orang lain,” ujar Rasman disela kegiatan berbagi kebahagiaan bersama anak yatim piatu di hotel Savero Sky Lounge, Kota Bogor, seperti dikutip Halloapakabar.com, Senin (20/6/2016) malam. 

Selain dari mobil, imbuh Mancuy biasa disapa, si pengemudi harus mempersiapkan fisik dengan sempurna. Konsentrasi dan kekuatan fisik dalam mengendarai menjadi hal terpenting untuk memuluskan perjalanan sampai tujuan. “Dianjurkan pula ada pengemudi pengganti atau sopir cadangan. Ini untuk mengantisipasi ketika kita (pengemudi) sudah di ambang batas kelelahan atau mengantuk,” terangnya.

Menurutnya, kendaraan dengan kondisi tidak layak menjadi salah satu faktor penyebab kecelakan di jalan, selain human error, seperti ngatuk dipaksakan. Karena tertidur saat mengendarai kendaraan dalam hitungan detik saja akibatnya bisa fatal. “Jadi ada baiknya ada sopir cadangan. Tips mudik ini biasa diterapkan ke anggota BCCI, dan kebetulan tahun ini banyak diantaranya anggota yang mudik ke daerah Jawa,” tutup staf BPPT-PM Kota Bogor itu. (hrs)