Hallobogor.com, Bogor – Situ atau Danau Lido di Kecamatan Cigombong, Kabupaten Bogor, ternyata bukan sekadar salah satu destinasi wisata alam. Keberadaan danau ini ternyata memberikan manfaat lain bagi warga sekitar.

Adalah Agus, 60 tahun, warga Cigombong, yang selama ini mampu memanfaatkan kelebihan dari Danau Lido. Pria paruh baya ini setiap hari memanen tumbuhan liar sejenis ganggang yang tumbuh di danau.

“Setiap hari sejak terbit matahari hingga sore hari saya mengayuh rakit mengelilingi situ ini mengambil tumbuhan ganggang. Dari beberapa jenis ganggang yang tumbuh di danau ini ada salah satunya yang dipesan oleh pengepul untuk ekspor ke negara Jepang,” katanya.



Menurut Agus, banyak jenis ganggang yang tumbuh di Danau Lido. “Kalau belum hapal sedikit susah membedakan mana yang bisa masuk ke pesanan untuk ke Jepang dan mana yang tidak, karena bentuknya hampir mirip-mirip. Saat ini yang dipesan untuk dibawa ke Jepang adalah jenis ganggang kriting yang berdaun empat,” ungkap Agus.

Tumbuhan ganggang jenis ini memang agak berbeda dengan yang lainnya, lanjut Agus.

“Selain jenisnya beda, ganggang ini tetap segar tegak berdiri mungkin inilah salah satu kelebihannya sehingga lebih kuat dalam kesegarannya ketika harus dibawa jauh. Untuk dibikin apa-apanya saya tidak tahu persis, yang jelas saya hanya mencari dan dibayar Rp30 rupiah per batang sepanjang 30 cm,” ujarnya.

Agus mengatakan, Jepang sangat membutuhkan banyak ganggang jenis ini hingga 10 ribu “Tapi mencari sebanyak itu masih susah karena ganggang jenis ini tumbuh bareng berdekatan dengan dengan jenis tumbuhan lainnya sehingga sangat sulit untuk memilahnya. Butuh waktu lama, jadi pesanan segitu banyak belum bisa terpenuhi,” pungkasnya. (wan)