Hallobogor.com, Bogor – Sebanyak 857 mahasiswa Universitas Pakuan (Unpak) Bogor di wisuda pada gelombang ke III tahun 2015. Wisuda terdiri atas program Doktor, Magister, Sarjana dan Diploma. Tiga dari 6 Fakultas dan 1 program Pasca Sarjana yang dilaksanakan di gedung Braja Mustika, Jalan Semeru, Kecamatan Bogor Barat, Selasa (18/11).

Rektor Unpak Bogor, Drs H. Bibin Ru­bini, meminta kepada para lulusan Unpak untuk terjun ke tengah-tengah masyarakat, pasalnya saat ini banyak hal- yang berkaitan dengan kerusakan lingkungan dan konflik sosial di masyarakat.

“Mereka lulusan Unpak harus bisa mengatasi berbagai permasalahan di lingkungan. Para lulusan Unpak juga diharapkan menjadi petarung se­jati dalam menghadapi persaingan Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) kedepan,” pintas Bibin, kepada wartawan usai melepas mahasiswanya.

Banyaknya musibah saat ini melanda Indonesia, para lulusan Unpak juga diharapkan memberikan pendidikan kepada masyarakat dan membawa misi tentang perbaikan lingkungan hidup agar masyarakat semakin tumbuh maju dan berkembang.

Selain itu Bibin mengatakan, para lulusannya yang sudah memiliki bekal ilmu pengetahuan sesuai bidang studinya, dan sudah searusnya untuk terjun ke masyarakat. Unpak selalu berusaha menjadikan para lulusan sebagai orang yang patriotis, pionir dan berwawasan luas maju kedepan untuk bangsa dan Negara.

Lebih lanjut dijelaskan Bibin, untuk tahun 2015 ini, dalam menghadapi era diberlakukannya Masyaraat Ekonomi Asean (MEA), memang tidak ada batas lagi antara pertukaran perdagangan jasa dan lainnya. Bibin juga berharap agar para wisudawan juga dapat berkarya dalam berwi­rausaha agar dapat mencip­takan lapan­gan kerja.

“Saya berharap kepada para wisudawan yang sudah menguasai ilmu pengetahuan siap bersaing. Unpak memiliki visi dan misi menjadi perguruan tinggi yang unggul dan berkarakter, sehingga mereka harus mandiri dalam wirausaha dan memutuskan ketergantungan kepada orang lain, termasuk menciptakan lapangan pekerjaan,” jelasnya.

Sementara, perwakilan wisudawan Unpak, Esti menuturkan, Unpak adalah rumah, tempat menimba ilmu, pengalaman dan menggali potensi. Semuanya bersaing secara unggul untuk menjadi mahasiswa berkarakter dan berilmu. “Banyak hal berharga yang didapatkan dari Unpak, termasuk pengalaman-pengalaman dan ilmu yang sangat bermanfaat. Satu hal yang harus di ingat bahwa ilmu saja tidak akan membawa kepada kesuksesan, tetapi dibutuhkan kemauan, kerja keras dan terjun langsung menggapai keberhasilan itu,” tandasnya. (dan)