Hallobogor.com, Caringin – Kepala UPT Teknik Jalan dan Jembatan (TJJ) Wilayah Ciawi bersama para Kepala Desa (Kades) se-Kecamatan Caringin, Kabupaten Bogor, menggelar rapat koordinasi (rakor) di Kantor Kecamatan Caringin, Rabu (21/10/2015). Rakor juga dihadiri Camat Caringin, Rumambi, Kasi Pembangunan Kecamatan Caringin, Udung Saidun, serta para Ketua BPD.

Rakor tersebut membahas seputar pembangunan infrastruktur jalan di setiap desa dalam upaya mendukung peningkatan taraf perekonomian masyarakat. Dimana semua ruas jalan masih memerlukan perubahan dan perbaikan.

Kepala UPT TJJ Wilayah Ciawi, Eko Sulistyo, mengatakan, dalam rakor tersebut hampir semua Kades menginginkan agar akses jalan antardesa maupun antar kecamatan tersambung dengan baik. “Keinginan para Kades ini kebetulan sama dengan kami yang sedang menginventaris atau melakukan pemutakhiran data ruas jalan milik Kabupaten Bogor,” katanya.

Akan tetapi untuk menyambungkan akses jalan yang masih terputus tersebut, kata Eko, perlu dukungan semua pihak dan tergantung kesiapan lahan berikut legalitas lahannya. “Diantaranya harus ada surat keterangan hibah dari Pemdes tentang lahan yang dihibahkan masyarakat untuk menyambungkan akses jalan,” ujarnya.

Eko menjelaskan, jika dukungan dari warga, BPD dan Kades sudah baik maka pengajuan pembukaan akses jalan akan mudah dan cepat dibantu oleh Dinas Bina Marga dan Pengairan (DBMP) Kabupaten Bogor. “Bentuk pembangunan tergantung kondisi jalan. Bisa dibangun dari nol atau peningkatan,” imbuhnya.

Sekadar informasi, ada sekira 173 kilometer dan 23 ruas jalan di wilayah UPT TJJ Ciawi yang baru terinventaris milik kabupaten. Sedangkan lebarnya cukup bervariatif antara 4-9 meter.(cep)