Hallobogor.com, Bogor – Pembangunan tembok penahan tebing (TPT) irigasi Cilimus di Kampung Tapos, Desa Cileungsi, Kecamatan Ciawi, terua digeber. Progress pekerjaan yang dilaksanakan oleh CV. Buluh Nipes Simalem ini sudah mencapai 92 persen.

Demikian hasil monitoring yang dilaksanakan oleh Kepala UPT Infrastruktur Irigasi Kelas A Wilayah 3 Ciawi, Eka Sukarna, Selasa (9/10/2018). Pengawasan juga dilakukan oleh konsultan pengawas dari PT Tataguna Patria.

Di sela monitoring, Eka Sukarna mengatakan bahwa pembangunan TPT saluran irigasi Cilimus sepanjang 94 meter ini merupakan program Pemkab Bogor dengan anggaran APBD Rp502.282.000 juta. “Jika melihat langsung pekerjaan di lokasi, progress sudah mencapai 92 persen,” ujarnya.

Eka menjelaskan bahwa peningkatan fungsi jaringan irigasi DI Cilimus ini berfungsi untuk cegah terjadinya longsor serta melancarkan saluran irigasi yang mengairi sekira 20 hektar ladang dan sawah masyarakat.

“Kami juga bekerjasama dengan Mitra Cai dalam mengatur pemakaian air terutama pada musim kemarau ini. Sedangkan untuk mengantisipasi musim hujan, kami sudah menyiapkan karung-karung, bronjong, melakukan pengerukan, dan membersihkan sampah,” katanya.

Proyek TPT DI Cilimus ini memakan waktu 75 hari kalender sejak Surat Perintah Memulai Pekerjaan (SPMK) diteken tanggal 13 Agustus 2018. (cep/wan)