Hallobogor.com, Ciawi – UPT Pengairan Wilayah Ciawi terus menggeber pekerjaan normalisasi Saluran Teluk Pinang sepanjang 1 kilometer. Saluran air yang melintasi lima desa ini diperbaiki, dibersihkan dari sampah, dikeruk dan diperlebar bahkan tebing saluran dicat.

Selain itu, sejumlah pekerja UPT juga memasang jaring di beberapa titik agar saliran air aman dari sumbatan sampah.

Kepala UPT Pengairan Ciawi, Eka Sukarna, mengatakan, pekerjaan normalisasi Saluran Teluk Pinang ini merupakan pemeliharaan rutin dan sebagai antisipasi menjelang musim hujan.

“Mudah-mudahan pas nanti musim hujan saluran Teluk Pinang ini tidak meluap lagi akibat tersumbat sampah dan beberapa kendala sumbatan lainnya. Kalau dihitung-hitung, sampah yang berhasil dikeruk lebih dari lima truk,” katanya, Kamis (9/8/2018).

Selain itu, kata Eka, pihak UPT juga akan melayangkan surat pemberitahuan dan himbauan ke setiap Pemerintah Desa yang dilintasi Saluran Air Teluk Pinang agar masyarakatnya tidak membuang sampah sembarangan ke saluran air. “Saluran air ini melintasi Desa Jambuluwuk, Banjarsari, Banjarwangi, Teluk Pinang, dan Bitungsari,” katanya didampingi pengawas UPT H Dedi Djunaedi.

Seperti kerap diberitakan, Saluran Teluk Pinang ini setiap musim hujan kerap meluap akibat berbagai sumbatan sehingga membanjiri Jalan Veteran II, di Desa Telukpinang, Kecamatan Ciawi, Kabupaten Bogor. (wan/cep)