Hallobogor.com, Ciawi – UPT Pengairan Wilayah IV Ciawi ikut turun tangan menangani longsor tebingan di Jalan Raya Veteran II Desa Telukpinang, Kecamatan Ciawi. Meski tebingan longsor itu berada di ruas jalan yang menjadi kewenangan UPT Jalan dan Jembatan, namun UPT Pengairan ikut terjun lantaran longsor terjadi akibat saluran air yang meluap ke badan jalan karena tersumbat sampah.

Pantauan di lokasi, longsor menggerus tebing dan bahu Jalan Veteran II Desa Telukpinang sepanjang 15 meter dengan tinggi 3 meter.

Kepala UPT Pengairan Wilayah IV Ciawi, Eka Sukarna, mengatakan, penanganan longsor ini atas instruksi Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR). “Longsor ini akan ditangani dengan menggunakan APBD pada pos pemeliharaan agar tidak meluas. Kalau lambat ditangani dikuatirkan jalan terputus. Lokasi ini masih daerah tangkapan air Telukpinang,” katanya di lokasi.

Eka juga mengimbau masyarakat agar sadar dalam membuang sampah. “Jangan sekali-kali membuang sampah ke saluran air karena bisa mengakibatkan bencana bagi warga lainnya yang berada di hilir saluran irigasi,” ungkapnya.

Sebelumnya, Ketua R W03 Telukpinang, M. Wahidun, mengatakan, banjir di Jalan Veteran kerap terjadi akibat saluran air tersumbat sampah dan meluap ke badan jalan. Bahkan, luapan air menembus ke rumah warga yang berada di bawahnya. (wan)