Hallobogor.com, Megamendung – Sejak beberapa tahun lalu Desa Sukamanah, Kecamatan Megamendung, Kabupaten Bogor, berhasil meraih prestasi sebagai enam desa terbaik dalam lomba desa tingkat nasional. Keunggulan desa ini memiliki Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) terbaik dalam pengelolaan sarana air bersih fsn pengelolaan keuangan desa.

Berkat prestasinya itu, Desa Sukamanah terus menjadi tempat studi banding oleh Pemerintah Desa (Pemdes) dari seluruh Tanah Air. Sudah ribuan desa dari berbagai provinsi yang berkunjung ke Sukamanah untuk berguru dalam pengelolaan BUMDes, SAB, maupun pengelolaan keuangan desa.

Sejak Lebaran kemarin, sedikitnya 10 kabupaten dari berbagai provinsi berkunjung ke desa yang dipimpin Ismail ini. Pada Selasa (18/7/2017) misalnya, sebanyak 40 Kepala Desa dari Kabupaten Kantingan, Kalimantan Timur, mengadakan studi banding. Sedangkan Rabu (19/7/2017), sebanyak 500 kepala desa dari Aceh dan dari Kabupaten Tali, Maluku Utara, juga bertandang ke Desa Sukamanah.

“Para Kades melakukan studi banding ke Sukamanah tertarik dengan BUMDes. Sepulangnya dari sini, mereka akan menerapkannya BUMDes di desanya masing-masing,” ujar Fredy, pendamping desa dari Kaltim.

Kades Sukamanah, Ismail, mengatakan, warga yang menjadi pelanggan sarana air bersih yang dikelola BUMDes terus bertambah hingga kini berjumlah 600 pelanggan. “Jumlah pelanggan terus bertambah. Dalam waktu dekat ini, kami akan mengoptimalkan volume debit airnya, yang sekarang 3 liter per detik akan dinaikkan menjadi 4 liter per detik. Untuk penguatan BUMDes kami akan mengalokasikan dana dari Dana Desa,” tutur Ismail.(dang)