Hallobogor.com, Bogor – Indahnya berbagi dan kebersamaan, Badan Sosial Lintas Agama (Basolia) bersama jajaran pengurus Vihara Dhanagun menggelar santunan kepada anak yatim piatu sekaligus buka puasa bersama yang dilangsungkan di halaman Vihara Dhanagun, Jalan Surya Kencana, Babakan Pasar, Bogor Tengah, Kota Bogor, pada Kamis (24/6/16) kemarin.

Dalam acara santunan yang dihadiri oleh Wali Kota Bogor Bima Arya dan jajaran pengurus Basolia serta pengurus Vihara Dhanagun ini, sebanyak 400 anak yatim piatu se-Kecamatan Bogor Tengah mendapatkan santunan.

Selaku ketua pelaksana Arifin Himawan atau yang akrab di sapa Ahim dalam acara tersebut mengatakan bahwa Ramadhan merupakan bulan yang penuh berkah. Karena itu kegiatan ini dilakukan setiap tahunnya, dan ini merupakan tahun ke tiga, dimana sebagai salah bentuk rasa syukur dan diharapkan dapat menumbuhkan rasa kepedulian kepada anak yatim.



“Walaupun kita bukan umat muslim, tapi di bulan suci ramadhan ini kita ingin ikut sedikit berbagi bersama anak-anak yatim,” ujar Ahim.

Selain santunan anak yatim, para tokoh tionghoa pun ikut berbuka bersama anak yatim dengan cara ngeliweut, sambungnya. Kepedulian terhadap anak yatim pun sangat dirasakan memang perlu dilakukan secara rutin karena anak yatim juga mempunyai hak yang sama untuk melanjutkan hidup, dan menggapai cita-cita di masa depan.

“Karena anak yatim ini pun perlu melanjutkan kehidupan, oleh sebab itu sudah selayaknya kita berempati dan ikut membantu, bahkan kalau pemerintahannya sudah kuat santunan kepada anak yatim itu perlu diagendakan secara rutin,” Jelasnya.

Sementara itu, Wali Kota Bogor Bima Arya mengapresiasi pelaksanaan santunan anak yatim yang digelar pihak Vihara Dhanagun dan Basolia Kota Bogor setiap tahunnya. Bima mengatakan acara buka puasa bersama antar sesama ummat beragama sangat penting untuk menjaga persatuan sesama warga Kota Bogor.

“Semua agama mengajarkan pemeluknya untuk pandai bersyukur, termasuk jika memiliki kelebihan untuk berbagi dengan orang lain atau dengan anak yatim,” ungkapnya. (hrs/dns/ndy)