Hallobogor.com, Kota – Volume sampah di Kota Bogor mengalami kenaikan hingga 20 persen selama musim lebaran sejak H-1 hingga Selasa (28/7). “Jumlahnya meningkat 20 persen dibanding hari raya tahun lalu,” kata Kepala Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) Kota Bogor, Irwan Riyanto, Selasa (28/7).

Oleh karena itu, kata Irwan, DKP Kota Bogor tidak meliburkan para petugas kebersihannya setiap hari raya idul fitri. “Tugas kami memang berat. Petugas tak ada yang libur, tapi cutinya mulai akan diatur bulan depan. Kami mengerahkan 113 armada truk dan 500 personel. Sedangkan jenis sampah yang mendominasi adalah sampah pasar,” ungkapnya.

Bahkan, sambungnya, tugas DKP bertambah ekstra sebab ikut bertanggungjawab membersihkan sampah-sampah dari got (saluran air) yang membeludak tumpah ke jalan raya. “Selama musim kemarau saluran air atau selokan di pinggir jalan banyak yang tersumbat sampah. Sehingga pas dua hari hujan kemarin di Bogor, sampah tumpah ke jalan raya. Kami mengerahkan sedikitnya 10 truk dibantu semua unsur masyarakat. Aksi bersih-bersih rutin seperti Jumsih dan Mingsih tetap kami geber,” jelas Irwan.(cep)