Hallobogor.com, Kembang Kuning – Petugas gabungan Polres Bogor  dan Polsek Kelapa Nunggal serta Badan Pengawasan Obat dan Makanan (PBPOM) menggerebek pabrik pembuatan saos dan kecap di Kampung Kembang kuning Desa Kembang Kuning, Kecamatan Kelapanunggal, Kabupaten Bogor, Kamis (27/8) malam.

Penggerebekan pabrik ini diduga tidak memiliki izin operasi dan bahan baku yang dipakai menggunakan bahan berbahaya.

Kapolres Bogor, AKBP Suyudi Ario Seto, saat dikonfirmasi menjelaskan, selain menutup pabrik tersebut, petugas juga mengamankan 3 orang karyawan berinisial PT, YN dan JN serta pemilik pabrik TS.

“Saat kami geledah, pemilik pabrik tidak bisa menunjukan surat izin industri dan izin edar dariBPOM,” katanya, Jumat (28/8).

Dia mengatakan, seluruh produk saos dan kecap sudah disita polisi sebagai barang bukti dan beberapa sampel produk sudah dibawa BPOM untuk diteliti kandungan bahan kimianya.

Dalam kemasan saos dan kecap, kata Suyudi, tidak dicantumkan masa kadaluwarsa dan label tidak memenuhi syarat. Saat dilakukan pemeriksaan di lokasi, petugas mendapati 40 karyawan sedang memproduksi saos dan kecap tersebut.

Dari lokasi pabrik  tersebut, polisi menyita ribuan botol kecap dan saos siap edar serta berbagai bahan baku pembuatan kecap dan saos.

“Bila terbukti dalam pemeriksaan para tersangka melanggar aturan, bisa dikenakan Undang Undang Nomor 8 tahun 1999 tentang Perlindungan konsumen dan Undang undang Nomor 18 tahun 2012 tentang pangan,” jelasnya. (rif)