Hallobogor.com, Megamendung – Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Bogor, Adang Suptandar, mengaku tidak mengetahui kepergian sekitar 30 Pegawai Negeri Sipil (PNS) Bidang Pengelolaan dan Pemeliharaan (Lohan) Dinas Bina Marga dan Pengairan (DBMP) ke luar negeri.

“Saya belum tahu nih. Iya, belum tahu, nanti kita telusuri,” akunya saat ditemui di Cimory Riverside, Jalan Raya Puncak, Cipayung, Kecamatan Megamendung.

Lantaran Sekda tidak tahu, kemungkinan besar kepergian puluhan PNS DBMP bersama Kepala DBMP Kabupaten Bogor, Edi Wardhani, tanpa izin dari Bupati dan Sekda. “Coba tanya ke BKPP, mungkin melalui BKPP, pak Dadang Irfan,” ujarnya.



Sementara itu, Kepala Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Kabupaten Bogor, Dadang Irfan, mengatakan, akan mengkaji persoalan tersebut. “Kalau terkait sinergitas pasti sudah diprogramkan dan dianggarkan, ada kerja sama, resmi, ada pertanggungjawaban dan laporan. Ketika ke luar negeri tetapi bolos kerja pasti itu ada sanksinya. Sanksi ringan, sedang, atau berat,” bebernya.

Dadang juga mengakui tidak mendapat informasi perjalanan puluhan PNS DBMP itu. “Kami memang tidak diinformasikan. Belum ada koordinasi. Kami akan segera koordinasikan,” tandasnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, 30 PNS bersama kepala DBMP Kabupaten Bogor Edi Wardhani dikabarkan jalan-jalan ke Singapura, Malaysia, Thailand. Mereka berangkat pada hari Jumat 8 Januari 2016. Mereka berangkat menggunakan jasa travel dan boarding menggunakan pesawat Lion Air. (cep)