Hallobogor.com, Bogor – Wakil Ketua DPR RI, Fadli Zon mendukung Daerah Otonomi Baru (DOB) atau pemekaran wilayah Kabupaten Bogor, Jawa Barat di bagian Timur dan Barat guna pemerataan pembangunan.

“DOB ini kan masih moratorium di Pemerintah Pusat, tetapi saya mendukung pemekaran Bogor Timur dan Barat,” kata Fadli, di Citeureup, Kabupaten Bogor, Rabu (30/1/2019).

Menurut Fadli, informasi dari Bupati Bogor, Ade Yasin wilayah Kabupaten Bogor luas dengan jumlah 40 kecamatan dan penduduknya sekitar 5,8 juta sehingga butuh pemekaran wilayah kabupaten ini agar pelayanan masyarakat bisa terlayani dan nanti akan ada Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Bogor Timur dan Barat sehingga pembangunan di Bogor merata.

“Tidak lain juga mempercepat pembangun di wilayah Bogor, kita harap moratorium DOB dicabut karena itu kewenangan Pemerintah Pusat,” kata Fadli.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Bogor, Bruhanudin mengatakan, rencana DOB atau pemekaran di wilayah Pemkab Bogor Barat dan Timur sudah layak. “Kajian DOB sudah selesai dilakukan oleh Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Bogor bahwa wilayah Timur dan Barat layak dimekarkan,” katanya.

Burhanudin mengatakan, pemekaran wilayah ini tentu harus ada tahapan administratif dan kesepakatan antara esekutif dan legislatif.

Setelah adanya kesepakatan antara legislatif dan esekutif, selanjutnya diusulkan kepada Menteri Dalam Negeri (Mendagri) melalui Gubernur Jawa Barat.

“Adanya rencana DOB di Kabupaten Bogor, Gubernur Jawa Barat apresiatif bahkan sekarang ini sedang mengkaji kota dan kabupaten yang ada di Jawa Barat,” katanya.

Pemekaran wilayah dilakukan berbagai tahapan dan penilaian yang dilakukan seperti melihat luas wilayah daerah, jumlah penduduk, dan beban masalah yang ada di wilayah tersebut. Demikian, seperti dikutip Indonesiaraya.co.id. (faj)