Hallobogor.com, Bogor – Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto memberikan instruksi dan arahan kepada jajaran pejabat di Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Bogor (Disparbud) Kota Bogor agar lebih progresif dalam meningkatkan potensi wisata.

“Kepada jajaran Disparbud, saya minta agar dapat menyediakan ruang untuk berekspresi bagi semua yang ada di Kota Bogor tanpa terkecuali,” kata Bima Arya, pada rapat koordinasi di Disparbud Kota Bogor, Senin (13/1/2020).

Pada kesempatan tersebut, Bima Arya didampingi oleh Wakil Wali Kota Bogor, Dedie A Rachim.



Pada kesempatan tersebut, Bima Arya juga memberikan arahan agar jajaran pejabat di Disparbud Kota Bogor melakukan sejumlah langkah-langkah progresif untuk melakukan eksposure, meningkatkan potensi wisata, hingga membuat kalendar agenda tetap wisata di Kota Bogor.

Mengenai eksposure wisata di Kota Bogor, Bima Arya menyarankan Disparbud melakukan koordinasi dan komunikasi dengan pihak terkait, di antaranya Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kota Bogor dan Perhimpunan Hotel Restoran Indonesia (PHRI) Kota Bogor.

“Di internal Disparbud, perlu menjaga kekompakan tim, koordinasi teknis, memahami tupoksi, mekanisme organisasi, serta menjaga integritas,” katanya.

Bima Arya juga menyinggung soal pengelolaan Museum Perjuangan.

Menurut dia, Pemerintah Kota Bogor saat ini tengah menjalin komunikasi dengan pihak pengelola.

“Disparbud agar mempercepat proses peralihan pengelolaan sehingga pada tahun depan pengelolaannya bisa dianggarkan di APBD. Kita ingin Pemkot yang mengelola Museum Perjuangan secara resmi,” kata Bima.

Pada kesempatan tersebut, Bima Arya juga mendorong Disparbud untuk penataan titik-titik lain yang menjadi potensi wisata dengan memanfaatkan sumber pendanaan internal maupun lainnya.

Bima Arya juga menyebut akan memindahkan kantor Disparbud dari jalan Pandu Raya Kota Bogor ke lokasi lain dengan Balai Kota Bogor yang dinilai lebih representatif, agar lebih optimal dalam mengakomodasi seni dan budaya.

Sementara itu, Wakil Wali Kota Bogor, Dedie A Rachim, menyarankan Disparbud agar membuat kalendar agenda tetap wisata di Kota Bogor, sehingga bisa menjadi informasi bagi wisatawan yang ingin berkunjung ke Kota Bogor. Demikian, seperti dikutip Indonesiaraya.co.id. (fik)