Hallobogor.com, Bogor – Walikota Bogor Bima Arya memberikan kelonggaran kepada pegawai negeri sipil (PNS) di lingkungan Pemerintah Kota Bogor untuk mengantar anak pada hari pertama masuk sekolah.

“Sejuta persen kami mendukung gerakan ini. Ini merupakan moment bersejarah dan membanggakan bagi si anak karenanya saya mengizinkan PNS di lingkungan Pemkot Bogor untuk mengantarkan anaknya ke sekolah pada hari pertama sekolah sebelum menuju ke kantor,” ujar Bima, seperti dikutip Halloapakabar.com, senin (18/7/2016).

Bima seusai mendampingi kunjungan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) RI Anies Baswedan di SD Negeri Polisi 1 Kota Bogor, juga menyakini bahwa hal tersebut tidak akan mengganggu pekerjaan. Menurutnya, setelah selesai mengantar anak, mereka (PNS) bisa kembali dan melanjutkan pekerjaannya lagi.

Sementara dalam kesempatan itu, Anies menyampaikan apresiasi juga bagi para pelaku usaha karena turut memberikan izin kepada karyawannya mengantar anak-anak mereka untuk sekolah. “Tidak lupa saya sampaikan rasa terima kasih kepada berbagai pihak yang telah mendukung imbauan untuk mengantarkan anaknya ke sekolah,” ujarnya.

Anies juga menegaskan kehadiran negara di hari pertama sekolah memberi pesan kuat bahwa sekolah adalah tempat yang aman bagi siswa. Disamping pesan moral bahwa semua anak bisa sekolah. Ia mengatakan, dukungan berbagai pihak menunjukkan pentingnya momen hari pertama sekolah bagi anak-anak yang memasuki jenjang pendidikan baru di tingkat TK, SD, SMP, maupun SMK/SMA. 

“Hari ini adalah salah satu hari bahagia, karena orang tua bisa langsung mengantarkan anaknya ke sekolah. Komunikasi antara guru dan orang tua pun penting karena pendidikan membutuhkan kolaborasi semua pihak,” tandasnya.

Sekedar informasi, Surat Edaran (SE) Mendikbud No. 4 Tahun 2016 menghimbau agar orang tua mengantarkan anaknya pada hari pertama sekolah agar tercipta iklim dan kondisi pembelajaran yang positif dan menyenangkan. (hrs)