Hallobogor.com, Bogor – Sebanyak 30 unit rumah tidak layak huni (RTLH) di Desa Ciderum, Kecamatan Caringin, Kabupaten Bogor, mendapat Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR). Program tersebut langsung dimonitoring dan evaluasi oleh pihak kementerian dan koordinator BSPS Dinas PUPR Kabupaten Bogor selaku pemilik kewenangan pada Selasa (8/10/2019) lalu.

Joko, Koordinator BSPS Kabupaten Bogor, mengatakan, untuk anggaran tahun ini setiap unit rumah dibantu Rp17.500.000. Jumlah tersebut dibagi dalam dua kategori, yakni Rp15 juta untuk barang dan Rp2,5 juta untuk upah tenaga kerja.

“Setiap tahunnya, penerima manfaat dari anggaran ini tergantung pada usulannya, seperti yang diusulkan Pemerintah Kabupaten dan Anggota DPR, jumlah penerimanya relatif, nantinya tergantung dari usulan itu dan aspirasi DPR,” Ujar Joko saat melakukan kegiatan monitoring dan evaluasi (monev) di wilayah Kampung Batukembar RT 03/04 Desa Ciderum di mana ada 5 unit RTLH yang dibangun di sana.



Salah seorang penerima manfaat program BSPS, Ujang (50), warga Kampung Batukembar, mengaku tidak menemui kendala berarti. “Untuk pembelian bahan matrial dibelanjakan sendiri dan tentunya dengan arahan instansi terkait. Saya sangat bersyukur bisa dibantu oleh pemerintah, uangnya sebanyak 17 juta 500 ribu rupiah. Selama ini rumah saya sudah pada bocor dan hampir roboh,” katanya. (wan)