Hallobogor.com, Ciawi – Warga Kampung Kubang RW 02 Desa Banjarwaru, Kecamatan Ciawi, sedang memperbaiki empat unit Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) sejak 10 hari lalu. Bangunan keempat rumah tersebut dibangun dengan dana RTLH dari Pemkab Bogor.

Ketua RT 02 RW 09 Kampung Kubang, Hasanudin, mengatakan, keempat unit RTLH tersebut masing-masing di RT 02 dua rumah, RT 01 satu rumah, dan di RT 03 satu rumah.

“Jumlah bantuan Rp10 juta per rumah dan diberikan dalam bentuk uang. Namun demikian, untuk menghindari penyelewengan dan kuatir dana itu terpakai untuk kepentingan lain oleh keluarga penerima, dana disalurkan via Pemdes, RW, RT,” katanya.

Hasanudin menegaskan, tingkat swadaya masyarakat Kampung Kubang cukup baik untuk mempercepat pembangunan RTLH. Baik dalam bentuk bantuan material maupun tenaga termasuk sebagian dari perusahaan PT Honoris Industri.

Sekadar informasi, realisasi pembangunan RTLH di Kampung Kubang sempat direncanakan akan dikunjungi Bupati Bogor. Namun Bupati urung ke lokasi lantaran akses jalan yang cukup sulit ke lokasi. (cep/wan)