Hallobogor.com, Bogor – Seperti tahun-tahun sebelumnya, warga Kampung Kaum, Desa Bendungan, Kecamatan Ciawi, kembali melaksanakan pemotongan hewan kurban pada Hari Raya Idul Adha tahun 2018. Penyembelihan hewan kurban ini dilaksanakan di halaman Masjid Jami Baiturrohmah, Rabu (22/8/2018).

Kendati berkurang dibanding tahun 2017, namun jumlah hewan kurban yang disembelih pada tahun ini masih tetap tergolong banyak. Yakni 10 ekor sapi dan 52 ekor domba. Sedangkan tahun 2017 lalu 14 ekor sapi dan 120 ekor domba.

Proses penyembelihan hewan kurban dalam rangka melaksanakan sunah Nabi Ibrahim AS di Kampung Kaum ini selalu menyedot perhatian masyarakat. Penyembelihan puluhan hewan kurban ini disaksikan masyarakat dari luar desa, dewasa dan anak-anak serta para tokoh masyarakat.



Tak hanya itu, setiap daging yang telah dipotong-potong mendapat pemeriksaan kesehatan dari sejumlah mahasiswa IPB yang standby di lokasi. Hal ini untuk memastikan agar daging kurban yang akan dikonsumsi masyarakat benar-benar aman.

Ketua Panitia Kurban Masjid Jami Baiturrohmah Kaum, H Daud, mengucapkan terima kasih kepada masyarakat yang telah memberikan sumbangan dan menyerahkan hewan kurban. “Kami berharap tahun depan meningkat lagi jumlahnya,” katanya.

H. Daud menjelaskan, jumlah penerima daging kurban atau mustahik dari Masjid Baiturrohmah Kaum tahun ini mencapai 1.500 keluarga. “Biasanya masing-masing mustahik dapat 1,5 kilogram, sekarang hanya sekitar 1 kilogram,” imbuhnya.

Sementara itu, tokoh masyarakat Bogor yang juga kasepuhan Kaum, H. Endang Kosasih, berharap daging kurban yang dibagikan kepada para mustahik bermanfaat. “Semoga barokah bagi kemaslahatan umat serta menjadi amal ibadah bagi yang berkurban. Kami juga mengucapkan terima kasih kepada panitia, para donatur, dan warga yang ikut berswadaya dengan segala bentuknya,” ujarnya. (cep)