Hallobogor.com, Bogor – Warga RW 06 Kampung Ranji, Desa Telukpinang, Kecamatan Ciawi, Kabupaten Bogor, mempersoalkan limbah cair yang diduga berasal dari pabrik PT Sari Enenis Indah. Menurut warga yang banyak bermukim di belakang pabrik, air limbah kerap dibuang pihak pabrik melalui saluran air pada malam hari.

Uripno, salah satu warga setempat, mengatakan, warga sudah lama merasakan dampak bau tak sedap akibat pembuangan limbah tersebut. “Sekarang warga makin resah. Kalau tidak ada tindakan warga akan bikin aksi menutup saluran air pembuangan. Sementara sampai saat ini warga Kampung Ranji tidak pernah dapatkan kompensasi apapun dari pihak perusahaan, hanya kebagian dampak buruknya saja,” ungkapnya.

Sementara menurut Yopi selaku Kepala Bidang Pengawasan dan Pengelolaan Limbah pada Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Bogor, menegaskan, jika terbukti benar pengaduan dari warga, pihaknya siap turun ke lapangan untuk menindak tegas. “Bila benar perusahaan melakukan pelanggaran kami akan tindak tegas,” pungkasnya. (wan)