Hallobogor.com, Megamendung – Proyek pembangunan Waduk Ciawi di kawasan Gadog dan Cipayung, Kecamatan Megamendung, Kabupaten Bogor, masih belum jelas. Proyek Pemerintah Pusat dan DKI Jakarta itu masih dalam tahap sosialisasi dan pemberkasan.

Lambannya proyek tersebut membuat warga di sekitar lokasi resah. Pasalnya warga belum mengetahui jelas batas-batas tanah yang akan terkena pembebasan. Warga juga belum mengetahui nilai harga tanah. “Sementara kabarnya kan sudah lama. Yang ada sekarang banyak biong tanah yang datang ingin membeli tanah di wilayah kami,” kata Hamdan, warga Kampung Pasir Purut, Desa Gadog, Kecamatan Megamendung, saat menghadiri acara sosialisasi Waduk Ciawi di Kantor Camat Megamendung, seperti dikutip Halloapakabar.com.

Hamdan menegaskan, warga tak pernah tahu persis di mana akan dibangun waduk itu. Sedangkan dari pihak pemerintah belum pernah memberikan informasi apapun.”Kami baru kali ini saja kami diajak bermusyawarah. Kepada pihak terkait kami meminta jangan sampai ada biong-biong yang memanfaatkan situasi ini,” ungkapnya.



Sementara itu, Camat Megamendung, Hadijana, mengatakan, saat ini baru pada tahap pendataan berkas. “Saya berharap pada warga segera mengurus berkas-berkas baik surat  tanah maupun yang sudah ada bangunannya. Sedangkan untuk harga ganti untung, saya belum tahu pasti, karena ini baru tahap pemberkasan saja dan untuk masalah harga itu pada tahapan berikutnya. Setelah pemberkasan baru nantinya penetapan lokasinya,” jelasnya. (wan).