Hallobogor.com, Ciawi – Karang Taruna Genta Remaja Desa Bendungan Kecamatan Ciawi, Kabupaten Bogor, disambangi warga Srilanka untuk melakukan study banding, Selasa (11/7/2017). Karang Taruna Genta Remaja dijadikan percontohan karena berhasil dan aktif mengolah sampah rumah tangga sehingga menciptakan lingkungan bersih dan sehat tanpa sampah.

Kedatangan warga asing yang didampingi para pejabat dari Dinas Lingkungan Hidup serta Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Bogor, disambut meriah dengan atraksi tarian Sunda. 

Pembina teknis Karang Taruna Genta Remaja Desa Bendungan, Dede Supardi, mengatakan, kedatangan rombongan tamu dari Srilangka ini untuk melihat pengolahan sampah dan pembanguan IPAL komunal di wilayahnya yang menjadi motivasi dan kebanggaan bagi masyarakat.

“Ini akan kami jadikan motivasi agar ke depannya pengolahan sampah di sini lebih baik lagi,” ujar Dede Supardi.

Menurutnya, pengolahan sampah yang dilakukan Karang Taruna Genta Remaja ini, bekerjasama dengan pihak PPMKP Ciawi terutama dalam penyediaan lahan. PPMKP menyediakan lahan seluas kurang lebih 3 hektar untuk tempat pengolahan sampah. “SK swakelola lahan yang dikeluarkan PPMKP murni untuk kegiatan Karang Taruna,” paparnya.

Dede berharap, melalui karya Karang Taruna ini Desa Bendungan bisa terbebas dari sampah hingga tahun 2020, sesuai yang diprogramkan Kepala Desa.

“Apalagi belum lama ini persisnya Bulan Mei 2017 lalu, Karang Taruna Genta Remaja mendapat bantuan satu unit alat pengolahan sampah atau kompos dari DLH Kabupaten Bogor,” imbuhnya.

Sementara, Kasi Pemberdayaan Masyarakat dan Kemitraan pada DLH Kabupaten Bogor, Heri Kushaeri, menjelaskan, kedatangan warga negara Srilanka ke Desa Bendungan karena di desa ini sudah terbentuk beberapa pegiat lingkungan, seperti Eco Village dan Karang Taruna Genta Remaja. 

Hadir dalam kegiatan tersebut Ketua DPRD Kabupaten Bogor Ade Ruhandi atau Jaro Ade (JA) dan tokoh masyarakat Bendungan yang juga bakal calon (Balon) Bupati Bogor, Isman Kadar serta Kapolsek Ciawi dan sejumlah kepala desa. (am)