Hallobogor.com, Cisarua – Program perbaikan Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) tahun 2017 mulai digulirkan di sejumlah desa di Kabupaten Bogor. Bahkan di beberapa desa, warga miskin penerima bantuan Rp10 juta sudah mulai melaksanakan rehabilitasi.

Pantauan di Desa Sukakarya dan Sukagalih, Kecamatan Megamendung, warga sasaran juga sudah mulai menerima bantuan dana RTLH. Untuk Desa Sukakarya sebanyak 25 orang dan untuk Desa Sukagalih sebanyak 30 orang.

Mekanisme penyaluran bantuan yang dilakukan Pemerintah Desa Sukakarya, mengumpulkan para penerima bantuan RTLH di kantor desa dan disaksikan oleh polisi dan pihak kecamatan.

“Kami hadirkan semua pihak untuk menyaksikan. Dana bantuan RTLH diberikan secara utuh Rp10 juta kepada para penerima. Dan untuk penerima di desa kami, terbagi dua cara sesuai kesepakatan mereka. Ada yang menerima berbentuk uang, ada juga yang berbentuk barang. Bagi yang berbentuk uang, kami terus melakukan pemantauan hingga pekerjaannya selesai,” ujar Kades Sukakarya, Siti Asliah.

Sementara untuk Desa Sukagalih, penanganan RTLH dikerjakan oleh Tim Pelaksana Kerja (TPK) desa setempat. “Untuk desa kami, sebanyak 30 orang menerima bantuan RTLH. Dan bantuan itu dilaksanakan melalui pekerjaan yang dilakukan oleh TPK, sesuai aturan yang sudah ditetapkan. Untuk perbaikan rumah tersebut, setiap penerima mendapatkan Rp10 juta. Rinciannya, Rp8,5 juta untuk material dan Rp1,5 juta untuk upah kerja,” kata A Sudarman, Kades Sukagalih. (dang).