Hallobogor.com, Bogor – Harga sejumlah komoditas sayuran dan bumbu dapur terus meroket. Di Bogor, harga cabe rawit merah sudah menembus Rp 80.000 per kgnya.

Padahal, sebelumnya harga cabe rawit merah hanya berkisar antara Rp15.000 sampai Rp 20.000/kg.

Cabe rawit biasa juga mengalami kenaikan yang cukup tinggi. Sebelumnya cabe rawit biasa dijual dengan harga Rp 15.000/kg, kini harga cabe rawit biasa dijual dengan harga Rp 40.000/kg.

Kenaikan juga terjadi pada cabe merah dari Rp 25.000/kg menjadi Rp 40.000/kg.

Harga bawang merah juga ikut naik drastis dari semula hanya Rp 12.000/kg, kini menjadi Rp 45.000/kg.

Sementara komoditas sayuran lainnya juga naik lebih dari 30 persen setiap kilogramnya.
Kenaikan harga komoditas sayuran ini membuat omset sejumlah pedagang turun drastis.

“Biasanya dalam satu hari bisa menjual sedikitnya 10 kilogram cabe merah, namun saat ini dalam tiga hari hanya mampu menjual cabe merah sebanyak lima kilogram dalam tiga hari. Kenaikan harga ini sudah terjadi sejak sepekan lalu. Saya belum tahu pasti penyebab naiknya harga sayur mayur ini,” kata Jajang, seorang pedagang sayuran di Pasar Bogor, Kota Bogor, Minggu (13/11/2016).

Kenaikan harga sayur mayur ini diduga akibat faktor cuaca dan banjir di sejumlah wilayah yang menjadikan tersendatnya pasokan sayuran dari sejumlah daerah di Jawa Barat.

Sejumlah pembeli mengaku mengurangi jumlah belanjaannya untuk mengurangi pengeluarannya. Mereka berharap agar pemerintah segera turun tangan agar harga komoditas sayuran bisa tetap stabil. (cep)