Hallobogor.com, Bogor– Bogor Heritage Run (BHR) kembali bakal digelar untuk kedua kalinya pada 25 September 2016. BHR bukan sekadar event olahraga lari, akan tetapi dikemas unik sehingga memberikan manfaat (charity) bagi pelestarian situs-situs bersejarah di Bogor dan meningkatkan jumlah wisatawan.

Tahun 2016 ini BHR didukung penuh oleh Pemerintah Kota Bogor, Kodim 0606 Kota Bogor, Polres Bogor Kota, PHM Hospitality, dan Hotel 101 Bogor Suryakancana. Hingga Rabu (14/9/2016), peserta yang sudah mendapat kurang lebih 400 orang.

Pada event BHR tahun 2015 lalu, donasi kegiatan diberikan untuk pemugaran Museum Perjoeangan Bogor. Dan BHR 2016 ini rencananya akan disumbangkan untuk meng-kini-kan kearifan lokal Taman Makam Pahlawan sehingga menjadi daya tarik wisata.



Start dan finish BHR ini dilakukan di Kodim 0606 Kota Bogor. Sedangkan rutenya dari Kodim melintasi Denpom, Sempur, Pabaton, Jalan Ahmad Yani, dan finish di Denpom. Total jarak yang ditempuh 5 kilometer.

Bagi peserta bisa memilih tiga kategori; kompetisi individu, kompetisi beregu (10 orang), dan fun run (3-5 orang). Dalam event BHR ini, panitia menyediakan hadiah uang tunai total Rp43 juta, 200 medali, 50 piagam finisher, piala bergilir bagi kompetisi beregu, dan doorprize menarik.

Managing Director PHM Hospitality, perusahaan pengelola Hotel 101 Bogor Suryakencana, Satria Wei, mengatakan, melalui triger kegiatan lari ini sebagai salah satu daya tarik agar orang mau datang ke Bogor.

“BHR ini bukan sekadar lari saja tapi juga bermanfaat,” katanya, kepada awak media, Rabu (14/9/2016).

Satria mengemukakan, pihaknya ingin berkontribusi untuk Bogor meski sedikit. “PHM Hospitality sangat concern dengan pemeliharaan kearifan lokal dari suatu daerah. Jangan sampai orang Bogor sendiri tak tahu mana saja area-area yang harus dilindungi dan dilestarikan. BHR ini sendiri sudah dua tahun ini digelar di Bogor. Event serupa ke depan akan digelar di kota lain dengan tujuan yang sama,” jelasnya.

Walikota Bogor, Bima Arya, yang turut hadir mengatakan, olahraga lari kini sudah jadi gaya hidup. Di mana komunitas pecinta lari berkembang pesat di Bogor yang diikuti berbagai kalangan dan usia.

“Bogor harus menangkap perkembangan ini. Event seperti BHR bisa menjadi sarana promosi kesehatan, pariwisata dan budaya,” jelasnya.

Sementara itu, Ketua Panitia sekaligus Danramil 0602 Bogor Selatan, Kapten Inf. M. Rachmat, berharap antusias masyarakat sekitar Bogor, Jakarta, Bekasi, Tangerang, maupun kota lainnya untuk mengikuti BHR.

“Kegiatan lari BHR bukan hanya sehat namun memberi manfaat. Kami ingin mengajak masyarakat tak melupakan sejarah,” tandasnya.

Pendaftaran BHR dapat dilakukan di Kodim 0606 Kota Bogor, Hotel 101 Bogor Jalan Suryakancana, dan Car Free Day di Bogor dan Jakarta serta website www.BogorHeritageRun.com atau menghubungi 08563934033.(cep)