by

Aduh Bagaimana Ini, Warga Puncak Mulai Gunakan Air Kali

Hallobogor.com, Cisarua – Musim kemarau yang sedang berlangsung memaksa sebagian masyarakat yang sumurnya kekeringan terpaksa harus berjuang keras untuk mendapatkan air bersih yang menjadi sumber kehidupannya.

Tak ayal, jika mereka tidak mendapatkan sumber air yang benar benar bersih, air kali yang salurannya dikotori oleh sampah dimanpaatkannya.

Seperti yang terpantau dari siang sampai malam hari, di kali Cibogo yang melintasi tiga desa, Citeko, Kuta dan Desa Kopo, Kecamatan Cisarua selalu ramai oleh aktipitas keperluan air yang dilakukan oleh sebagian warga.

Lelaki yang mengaku bernama Agus (35), warga Desa Kopo, ia dari siang sampai malam bolak balik mengangkut air menggunakan jerigen dari kali tersebut.

“Ya gimana lagi, sumur dirumah kering ya terpaksa kami menggunakan air kali ini. Emang salurannya banyak sampah, tapi ya saya pergunakan saja,” kata Agus

“Dari siang sampai malam ini saya sudah angkut 8 jerigen. Ini untuk setok besok karena saya harus kerja,” ujarnya.

Sementara itu, kondisi sebagian warga Kopo, khususnya mereka yang berada di Kampung Cidokom, memang sejak dulu selalu mengalami krisis air bersih.

Belum ada penanganan yang akurat dari pemerintah supaya masyarakat disana terlepas dari krisis air bersih disaat musim kemarau.

Bahkan, tempat pengambilan air yang terdapat mushola kecil juga terdapat kamar mandinya hanya ditutupi oleh terpal.

“Harusnya ada perhatian dari pemerintah setempat kepada lokasi tersebut. Kita sering melintas disana kamar mandinya dari dulu hanya terpal.”

“Padahal kami sering mendengar berbagai kegiatan pembangunan di tiap desa terus dilakukan. Tetapi kenapa lokasi itu belum tersentuh oleh pembangunan,” kata warga lainnya yang melintas dilokasi tersebut. (dang).