by

Anggota MPR Sarifudin Sudding Sosialisasi 4 Pilar di Sukamanah

Hallobogor.com, Megamendung – Di tengah pandemi Covid 19 yang mulai kencang kembali tidak menyurutkan seluruh lembaga Desa Sukamanah untul mengkuti sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan yang dilaksanakan di Kantor Desa Sukamanah, Kecamatan Megamendung pada Sabtu malam (12/9/2020)

Dalam sosialisasi tersebut selaku tamu kehormatan dan sekaligus pemberi materi Sosialisasi 4 Pilar tersebut adalah anggota MPR-RI H. Sarifudin Sudding Sh.Mm.

Ia menghimbau kepada masyatakat supaya memahami dan terus menjadikan Pancasila sebagai falsafah di dalam hidup berbangsa dan bernegara di Indonesia.

Nilai-nilai kelemahan terhadap pemahaman Pancasila harus kembali didongkrak hingga masyarakat tidak lupa terhadap Pancasila.

Karena Pancalisa merupakan pilar nomor satu dari empat pilar yang ada. Yakni, pilar pertama adalah Pancasila, kedua UUD 1945, ketiga NKRI dan yang keempat adalah Bhineka Tunggal Ika.

Adanya sosialisasi tersebut, Kepala Desa Sukamanah didampingi Sekretaris Desa Atang Mahyudin menyebutkan, kegiatan itu merupakan kegiatan yang cukup positif.

“Mengingatkan kita dan memberitahukan kepada yang muda-muda supaya Pancasila atau ke 4 pilar itu terus dipahami dan dilaksanakan dalam kehidupan sehari hari di negeri tercinta ini,” katanya.

Namun, sungguh disayangkan sosialisasi yang dilakukan ini kita tidak bisa secara terbuka dan mengundang masyarakat banyak. Karena, kondisi sekarang ini masih status covid 19.

“Yang hadir disini cuma anggota kelembagaan desa saja. Mudah mudahan, di tahun depan kita bisa melaksanakannya di lapangan,” ujar Kepala Desa Sukamanah, Ismail.

Sementara itu, di pengisian acara, juga disuguhkan kesenian wayang golek. Meskipun para peserta harus mengikuti protokol kesehatan, mereka tetap antusias mengikuti acara hingga usai. (dang)