by

Antisipasi Banjir, Kades Telukpinang Gandeng UPT Infrastruktur Irigasi

Hallobogor.com, Kabupaten – Kerap terjadi banjir, akibat luapan di saluran buang sangat mengganggu warga sekitar Desa Telukpinang, Kec. Ciawi, yang berada di hilir saluran tersebut.

Menyikapi hal tersebut warga sekitar melakukan gotong royong normalisasi saluran untuk mencegah terjadinya luapan kembali.

Kegiatan yang dipimpin langsung Kepala Desa (Kades) Ahmad Ripai, itu bekerja sama dengan Unit Pelayanan Tehnis (UPT) Infrastruktur Irigasi klas III. A.

Eka Sukarna, Kepala UPT Infrastruktur Irigasi wilayah III. klas A. turut hadir dalam kegiatan tersebut, menegaskan agar warga jangan membuang sampah ke saluran.

“Semua itu harus dipikirkan dampak buruk yang bisa menyebabkan bencana banjir dihilir,” tegasnya.

Keingina warga Telukpinang yang ingin mempertinggi saluran dengan mengeruk lumpur akibat sedimentasi, sangat diapresiasi pihak UPT.

Sinergi seperti ini dapat mencegah bahaya bencana banjir. Pihak UPT juga menyiapkan 200 karung untuk warga yang mengerjakan secara gotong royong.

Sementara itu Kades Teluppinang Ahmad Ripai, disela – sela kegiatan mengatakan Desa Telukpinang hanya terkena dampak nya saja karena sepanjang saluran ini sebelumnya, melintasi beberapa desa yang berada di hulu.

“Jauh hari sudah ada pembicaraan dengan pa Eka dari UPT, dan pa Usep Dewan, meminta bantuan. Kami akan benahi wilayah Desa Telukpinang agar lingkungannya menjadi lebih baik,” katanya.

Langkah awalnya melakukan normalisasi saluran ini, ke depannya akan ada beberapa titik di sepanjang saluran ini perlu di benahi, karena telah terjadi penyempitan.

“Selaku Kades, saya telah berkoordinasi dengan Dewan dan pihak UPT irigasi untuk melakukan penataan dengan anggaran mencapai kurang lebih Rp 450 juta,” pungkasnya. (wan)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.