by

Asyik. Bangun Saluran Irigasi, P3A Desa Cibedug Diguyur Rp 195 Juta

Hallobogor.com, Ciawi – Perkumpulan Petani Pemakai Air (P3A) adalah wadah bagi para petani pemakai air yang bersifat sosial, ekonomi, budaya dan berwawasan lingkungan.

P3A Desa Cibedug telah mendapat kucuran anggaran sebesar Rp 195 juta rupiah, untuk membuat saluran irigasi dengan volume panjang 280 meter, tinggi 0,80 m dan tebal 0,30 m.

Saluran irigasi itu, menurut ketua P3A Desa Cibedug Ade Mulyana, akan berfungsi untuk mengairi 25 hektar lahan pertanian yang terdiri dari sawah dan kebun. Saat ini P3A yang dipimpinnya beranggotakan 20 orang dengan kepemilikan lahan yang berbeda – beda luasnya.

“Anggota P3A Cibedug ada 20 orang, dengan lahan yang luas berbeda – beda. Direncanakan saluran irigasi yang dibangun bisa mengairi lahan seluas 25 hektare, yang terdiri dari sawah dan kebun,” ujar Ade.

Ade mengatakan, untuk wilayah Kecamatan Ciawi, bukan hanya desa Cibedug yang diguyur anggaran tersebut, tapi ada dua desa lainnya yakni Jambu Luwuk dan Citapen.

“Ada dua desa yang mendapat anggaran yang sama, yakni desa Citapen dan Jambu Luwuk,” ugkapnya.

Pembangunan irigasi air yang dilaksanakan oleh P3A Cibedug, mendapat sorotan dari Pembina Forum masyarakat Ciawi peduli (Formacip) Ujang Khamun (Uka). Menurutnya, kegiatan tersebut harus betul – betul sesuai dengan rencana pembangunan,karena menyangkut hajat hidup orang banyak, menyangkut peningkatan hasil produksi pertanian.

“Sebaik nya memang ada pengawasan yang ekstra dari instansi terkait, bukan hanya konsultan, sebab jika dibiarkan begitu saja, maka rentan akan terjadi kesalahan kontruksi atau pengalokasian pembiayaan, Intinya semua masyarakat warga Negara Republik Indonesia berhak untuk ikut memantau pembangunan tersebut karena apapun anggaran yang turun notabene uang rakyat,” tegas Uka. (wan)