by

Bangun Tidur Terus Minum Air, Sangat Penting untuk Kesehatan

Hallobogor.com, Jakarta – Zat penting yang menyusun komposisi tubuh adalah air. Untuk itu perlu asupan air yang cukup bagi tubuh.

Diantara fungsinya adalah melancarkan pencernaan, menjaga keseimbangan suhu tubuh.

Selain dikonsumsi saat beraktifitas, ternyata minum air sangat baik dilakukan saat bangun tidur. Dikutip dari alodokter, berikut diantara manfaatnya bagi kesehatan.

1. Mengeluarkan racun dalam tubuh.

Dengan airi putih membantu mengeluarkan racun sisa metabolisme di malam hari dari dalam tubuh. Racun tersebut nantinya akan dikeluarkan melalui urine.

2. Menjaga kesehatan dan kecantikan kulit.

Minum air putih setelah bangun tidur dapat membantu menjaga tubuh dan kulit tetap terhidrasi dengan baik. Bahkan, kebiasaan ini diyakini dapat mencegah munculnya jerawat dan menjaga kulit tetap lembap.

3. Mengendalikan keinginan makan.

Mengkonsumsi air putih setelah bangun tidur dapat membantu mengendalikan keinginan untuk makan berlebihan. Ini karena minum air putih bisa mengisi lambung dan meregang dinding lambung, sehingga memberikan efek kenyang.

4. Meningkatkan produktivitas.

Minum air putih setelah bangun tidur juga meningkatkan energi dan membuat tubuh terasa segar. 

5. Meningkatkan metabolisme tubuh

Minum air putih setelah bangun tidur juga diklaim mampu meningkatkan metabolisme tubuh dan pembakaran kalori. Beberapa ahli bahkan meyakini bahwa kebiasaan ini dapat membantu menurunkan berat badan.

Selain itu, agar tubuh tetap segar sepanjang hari, penuhi kebutuhan cairan tubuh dengan minum air putih minimal 8 gelas sehari. 

Kondisi tubuh yang terhidrasi dengan baik, dapat lebih fokus dan lebih mudah berkonsentrasi, sehingga dapat meningkatkan produktivitas. (rri)