by

BI Tidak Memasukan Konten AR pada Uang Rp 75.000

Hallobogor.com, Jakarta – Beredar melalui media sosial dan kini menjadi viral tentang uang pecahan Rp75.000 yang memiliki konten augmented reality atau AR. Dengan menggunakan aplikasi tertentu melalui handphone, pada mode pengambilan video atau foto, akan otomatis muncul video lagu Indonesia Raya. 

Hal itu dicontohkan oleh seseorang dalam rekaman video di medsos fan mendapatkan animo positif. Banyak yang berkomentar tentang canggihnya teknologi yang ditanam pada uang khusus Rp75.000 itu.

Menanggapi berita tersebut, Direktur Eksekutif Departemen Komunikasi Bank Indonesia (BI) Onny Widjanarko mengungkapkan BI tidak membuat konten augmented reality (AR) pada uang Rp 75.000.

“Bank Indonesia tidak membuat konten AR di Uang Peringatan Kemerdekaan Rp 75.000 (UPK75) ataupun di uang rupiah lainnya,” ujar Onny melalui siaran pers Humas BI, Senin (28/9/2020).

Ia menjelaskan, AR tidak termasuk dalam ciri uang rupiah yang diedarkan BI.

Terkait viralnya unggahan itu, Onny menyampaikan, BI akan mempelajari lebih lanjut mengenai penggunaan AR di UPK75.

Sebab, uang rupiah dalam penggunaannya dilindungi undang-undang. Ia mengingatkan masyarakat untuk berhati-hati dalam memperlakukan uang rupiah, karena rupiah dilindungi oleh UU, masyarakat juga dilarang untuk merusak (atau merendahkan kehormatan rupiah sebagai simbol negara) sesuai Pasal 25. (jbr)