by

Bupati Bogor Ade Yasin Buka JOTA-JOTI Tingkat Kabupaten Bogor

Hallobogor.com, Cibinong – Bupati Bogor Ade Yasin membuka secara resmi kegiatan Jamboree-On-The-Air (JOTA) dan Jamboree-On-The-Internet (JOTI) tahun 2020 untuk tingkat Kabupaten Bogor di Gedung Serbaguna 1, Jumat (16/10/2020). JOTA dan JOTI merupakan kegiatan yang memberikan kesempatan bagi Pramuka di seluruh dunia untuk berkumpul walaupun berada di lokasi geografis yang berbeda-beda. Untuk kegiatan JOTA, peserta menggunakan Radio Amatir dan untuk kegiatan JOTI mereka dapat menggunakan Internet.

Bupati Bogor Ade Yasin mengapresiasi kegiatan ini, hal itu dibuktikan dengan dirinya langsung melakukan komunikasi dengan berbagai peserta JOTA-JOTI di wilayag Kabupaten Bogor yang tersebar di 4 titik, yaitu Ciluensgi, Cisarua, Cibinong dan Ciomas.

Bahkan, dirinya langsung menjadi breeker dalam kegiatan ini dengan menggunakan sandi khusus yang sudah disediakan oleh ORARI Kabupaten Bogor. “Kita berharap ini menjadi arena kreatifitas anak-anak Kabupaten Bogor ditengah pandemic seperti ini, mereka bisa ikut serta terhubung dengan pramuka di Indonesia bahkan di dunia, karena memang ini melalui system online,” kata Ade.

Sementara itu, Ketua Kwarcab Kabupaten Bogor Agus Ridallah mengungkapkan, Berdaskan Surat Kwartir Nasional Gerakan Pramuka, bahwa salah satu agenda rutin Word Organitation Scout Movement setiap tahunnya adalah dilaksanakannya sebuah pertemuan yang dapat menyatukan seluruh anggota Gerakan Kepanduan untuk dapat berinteraksi dan saling mengenal sesuai semangat Kepanduan yaitu persaudaraan dan persahabatan.

“Pertemuan tersebut dilaksanakan melalui jaringan Radio dan jaringan internet, sehingga seluruh anggota Kepramukaan dapan beninteraksi melalui dua media tersebut guna mengejewantahkan semangat dan tujuan Scout Movement,” kata Agus.

Lebih jauh dia mengatakan, Pada pelaksanaan Jambore in The Air di Kabupaten Bogor dilaksanakan secara tersebar di empat zona untuk menghindari kerumunan dan interaksi dalam jumlah yang banyak, sehingga pelaksanaan Tahun ini kami bersepakat dengan ORARI Kabupaten Bogor untuk memecah kegiatan di empat zona yaitu Zona Timur berlokasi di Gandoang Cileungsi, Zona Selatan CiKopo Cisarua, Zona Utara di Cibinong dan Zona Barat di Tamansari.

“Alhamdulillah, tadi untuk JOTA ibu Bupati langsung membuka secara resmi, dan untuk JOTI nya dilaksanakan di rumah masing-masing anggota Pramuka melalui link WOSM,” beber pria yang juga menjabat sebagai kasatpol PP Kab Bogor ini. (bgr)