by

Calon Bintara Mulai Diseleksi, Begini Tahapan yang Harus Dilalui

Hallobogor.com, Cibinong – Panitia Penerimaan Polri Polres Bogor mulai lakukan kegiatan seleksi administrasi dan pengukuran Tinggi serta Berat Badan Calon Siswa Bintara Polri Tahun anggaran 2020.

Bertempat di gedung Sekretariat Daerah (Setda) 1 Pemerintah Kabupaten Bogor pada hari Jumat (21/08/2020), panitia penerimaan Calon Bintara Polri melakukan kegiatan seleksi terhadap para Remaja Putra dan Putri calon anggota Bintara Polisi tahun 2020.

“Proses kegiatan rekrutmen anggota Bintara Polri tahun 2020 memang sangat berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, mengingat dilakukan di tengah pandemi sehingga seluruh Panitia dan seluruh Calon Siswa Bintara Polri wajib melaksanakan kegiatan protokol kesehatan”, tutur Kapolres Bogor AKBP Roland Ronaldy.

Kegiatan yang dilakukan mulai dari tahapan pemeriksaan administrasi awal dan pengukuran tinggi serta berat badan. Untuk calon Polisi Wanita tinggi badannya minimal 160 cm. Sedangkan untuk calon Polisi Laki-laki, Tinggi Badan minimal 165 cm utk PTU & 163 cm untuk Bakomsus

“Pada hari Jumat (21/08) kemarin kami Pabanrim Casis Bintara Polri T.A 2020 mulai melakukan proses seleksi calon anggota Polisi, dengan melakukan pemeriksaan admistrasi (Rikmin) yang meliputi pemeriksaan dokumen-dokumen pendukung antara lain KTP, KK, Akte Lahir, Ijazah Pendidikan, nilai Rapor dan melakukan pengukuruan tinggi serta berat badan,” tutur Kabag Sumda Polres Bogor Kompol Noorjamil.

Noorhamil menjelaskan, yang berbeda dalam kegiatan seleksi penerimaan calon anggota Polri ini, karena melakukan proses seleksi di tengah pandemi Covid-19, sehingga protokol kesehatanya yang dikakukan dengan melibatkan tim Kesehatan yang diketuai oleh Dr. Elynda V.E, MARS

Polres Bogor melakukan regulasi protokol kesehatan dalam melakukan rangkaian kegiatan penerimaan calon anggota Bintara Polri tahun 2020 ini, dengan melibatkan personil Kesehatan Polres Bogor yang bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Bogor.

“Tentunya yang utama petugas kami yang bertugas harus sehat dulu, dan menggunakan perlengkapan pelindung diri (APD) setiap melakukan pemeriksaan kesehatan calon anggota Polri,” katanya.

Sebelum masuk ke dalam ruangan pemeriksaan dan memulai proses seleksi, kami lakukan terlebih dahulu pengukuran suhu tubuh dan kegiatan 3M, memastikan penggunaan masker para Casis dan diharuskan membersihkan tangan dengan sarana Handsantizer yang telah disiapkan.

“Kemudian para calon siswa Bintara Polri baik Polwan maupun Polki kami lakukan pemeriksaan kesehatannya, dengan menerapkan protokol kesehatan diantaranya Gerakan 3M (Memakai Masker, Mencuci Tangan, Menjaga Jarak), serta pengukuran suhu tubuh,”ungkap Paur Kes BagSumda Polres Bogor Dr. Elynda V.E, MARS. (*/bud)